GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG EFEK SAMPING KB IUD DI PUSKESMAS PIYUNGAN BANTULYOGYAKARTA TAHUN 2015

Dewi Tri Handayani, - (2015) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG EFEK SAMPING KB IUD DI PUSKESMAS PIYUNGAN BANTULYOGYAKARTA TAHUN 2015. Diploma thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img] Text
Dewi Tri Handayani_1112108_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dewi Tri Handayani_1112108_nonfull resize.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang:ProgramKeluargaBerencana (KB)salah satu tujuannya adalah penjarangan kehamilan dengan menggunakan metode kontrasepsi dan menciptakan kesejahteraan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyarakat melalui usaha-usaha perencanaan dan pengendalian penduduk, berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan oleh akseptor KB agar tidak terjadi adalah persepsi setelah pemasanganya itu pengetahuan akseptor KB tentang persyaratan dan keamanan metode kontrasepsi, status kesehatan klien sebelum ber KB, tahu efek samping, konsekuensi kegagalan atau kehamilan yang tidak diinginkan, besarnya keluarga yang direncanakan, persetujuan pasangan, bahkan norma budaya lingkungan dan orang lain. Banyaknya pengguna KB IUD yang belum tahu tentang efek samping KB IUD dan banyak pula pengguna yang ingin berpindah ke alat kontrasepsi lain. Tujuan:Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan Ibu tentangefeksamping KB IUD di PuskesmasPiyungan Bantul Tahun 2015. Metode:Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kuantitatif. Pengembilan sampel menggunakan metode Accidental sampling. Besar sampel sebanyak 68 akseptor. Data diperoleh secara langsung dari akseptor KB IUD yang berkunjung ke Puskesmas Piyungan Bantul dan analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil:Akseptor KB IUD di Puskesmas Piyungan untuk rata-rata terbanyak yaitu diantara umur 20-35 tahun dengan prosentase (63,2%), dengan pendidikan terbanyak yaitu pendidikan menengah atas (SMA) dengan prosentase (52,9%), dan mayoritasbekerja dengan prosentase (67,7%). Dari hasil penelitian yang di peroleh mengenai tingkat pengetahuan ibu tentang efek samping KB IUD di Pusesmas Piyungan Bantul Yogyakarta memiliki tingkat pengetahuan kurang dengan prosentase (45,59%). Kesimpulan:Sebagian besar akseptor KB IUD mengenai efek samping KB IUD di Puskesmas Piyugan memiliki tingkat pengetahuan kurang dengan perolehan prosentase 45,59%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing Dechoni Rahmawati, S.ST
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Efek samping KB IUD, KB IUD, Knowledge, effects of IUD contraceptive, IUD contraceptive
Subjects: Kebidanan > BB Keluarga Berencana(KB)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Perpustakaan Unjaya
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:00
Last Modified: 20 Nov 2017 08:57
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item