HUBUNGAN PERILAKU LANSIA DALAM PEMANFAATAN FASILITAS POSYANDU LANSIA TERHADAP TINGKAT STATUS KESEHATAN LANSIA DI DUSUN PRENGGAN PALBAPANG BANTUL

Fitri Feriyani, - and Yustiana Olfah, - (2012) HUBUNGAN PERILAKU LANSIA DALAM PEMANFAATAN FASILITAS POSYANDU LANSIA TERHADAP TINGKAT STATUS KESEHATAN LANSIA DI DUSUN PRENGGAN PALBAPANG BANTUL. Strata 1 thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Fitri Feriyani_3207034_nonfull.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
Fitri Feriyani_3207034_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Latar Belakang: Pembinaan kesehatan dimulai dari kehidupan keluarga, ibu hamil, anak-anak, dan lansia yang merupakan kelompok rawan dipandang dari segi kesehatan karena kepekaan dan kerentanan yang tinggi terhadap gangguan kesehatan dan ancaman kematian. Perilaku kesehatan juga menjadi sasaran utama bagi lansia seperti perilaku pencarian atau penggunaan sistem atau fasilitas kesehatan, atau sering disebut perilaku pencairan pengobatan (health seeking behavior). Perilaku ini adalah menyangkut upaya atau tindakan seseorang pada saat menderita penyakit dan atau kecelakaan. Metode Penelitian: kuantitatif observasional, dengan pendekatan analitik korelasional dan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yaitu berjumlah 60 responden, dan instrument yang digunakan adalah checklist. Uji statistik yang digunakan adalah Chi square. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian sebanyak 51,25% status kesehatan lansia yang tergolong sehat, yang tergolong sakit sebanyak 48,75 %. Perilaku pemanfaatan fasilitas posyandu sebanyak 61,5% cukup. Hasil uji korelasi Chi Square diperoleh p-value 0,917 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0,885 dengan tingkat kesalahan 5%. Kesimpulan Penelitian: Ada hubungan antara perilaku pemanfaatan fasilitas posyandu dengan tingkat status kesehatan lansia di Dusun Prenggan Palbapang Bantul.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Status kesehatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:00
Last Modified: 18 Feb 2019 02:49
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item