HUBUNGAN BERAT LAHIR DENGAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN GODEAN

Arief Kurniawan, - (2016) HUBUNGAN BERAT LAHIR DENGAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN GODEAN. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arief Kurniawan_2212144_nonfull resize.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
Arief Kurniawan_2212144_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses alami yang terjadi dalam kehidupan manusia yang dimulai sejak dalam kandungan sampai akhir hayat. Pertumbuhan perkembangan pada dasarnya merupakan dua peristiwa yang berlainan, namun keduanya saling berkaitan. Pertumbuhan lebih menitik beratkan pada perubahan yang bersifat kuantitatif, sedangkan perkembangan yang bersifat kualitatif berarti serangkaian perubahan progresif sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik, sedangkan perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi sel atau organ tubuh individu, keduanya tidak bisa terpisahkan. Tujuan : Mengetahui hubungan Berat Lahir dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Godean. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan teknik total sampling. Subyek penelitian ini sebanyak 45 responden dan menggunakan metode pengumpulan data antropometri dan DDST. Analisis statistik inferensial menggunakan kendal tau dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil : Sebagian besar berat badan ketika lahir dalam kategori cukup sebanyak 36 anak (80,0%). Pertumbuhan anak lebih banyak dalam kategori baik sebanyak 20 anak (44,4%). Perkembangan anak sebagian besar dalam kategori normal sebanyak 30 anak (66,7%). Berdasarkan penelitian diperoleh data mengenai berat lahir dengan pertumbuhan yaitu baik sebanyak 19 anak (42,2%) dengan nilai p value 0,004 (p value < 0,05). Keeratan sebesar keeratan hubungan kategori sedang yaitu τ=0,414. Sedangkan berat lahir dengan perkembangan yaitu normal sebanyak 29 anak (64,4%) dengan nilai p value 0,000 (p value<0,05). Keeratan hubungan kategori kuat yaitu τ=0,620. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan berat lahir dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah di TK Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Godean.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Ida Nursanti S.Kep., Ns., MPH, Yuni Very Anto, S.Kep.,Ns
Uncontrolled Keywords: Berat Lahir, Pertumbuhan, Perkembangan, birth weight, growth, development.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2016 04:04
Last Modified: 16 Nov 2017 04:08
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item