GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG LUKA PERINEUM DI PUSKESMAS SRANDAKAN BANTUL TAHUN 2015

Titi Pangestuti, - (2016) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG LUKA PERINEUM DI PUSKESMAS SRANDAKAN BANTUL TAHUN 2015. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Titi Pangestuti_1311255_nonfull resize.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
Titi Pangestuti_1311255_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : masa nifas adalah masa yang rawan bagi ibu, sekitar 60% kematian ibu terjadi setelah melahirkan dan hampir 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama setelah persalinan, diantaranya disebabkan karena masa nifas, contohnya terjadinya robekan pada jalan lahir saat persalinan. Perawatan perineum yang tidak benar dapat menyebabkan infeksi pada perineum. Kurangnya perawatan salah satunya disebabkan karena pengetahuan i bu ni f as tentang cara merawat luka perineum (Suwiyoga, 2009). Dari studi pendahuluan didapatkan 6 ibu tidak tahu sama sekali tentang luka perineum tetapi mengerti dan melakukan perawatan luka perineum, 2 ibu tahu dan melakukan perawatan dengan baik sedangkan 1 ibu sama sekali tidak tahu dan sangat kurang baik dalam melakukan perawan luka perineum. Tujun : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Luka Perineum di Puskesmas Srandakan Bantul. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuatitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode accindental sampling berjumlah 30 responden. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang luka perineum di puskesmas Srandakan pada kategori cukup 46,7 %, Pengertian masuk pada kategori kurang (53,3), penyebab luka perinium masuk pada kategori kurang (40,0%), perawatan luka perineum masuk pada kategori kurang (46,7%),penyembuhan luka perineum masuk pada kategori kurang (56,7%). Kesimpulan : Mayoritas tingkat pengetahuan ibu nifas tentang luka perineum di Puskesmas Srandakan Bantul memiliki tingkat pengetahuan kurang.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing: Elvika Fit Ari Shanti
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang : masa nifas adalah masa yang rawan bagi ibu, sekitar 60% kematian ibu terjadi setelah melahirkan dan hampir 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama setelah persalinan, diantaranya disebabkan karena masa nifas, contohnya terjadinya robekan pada jalan lahir saat persalinan. Perawatan perineum yang tidak benar dapat menyebabkan infeksi pada perineum. Kurangnya perawatan salah satunya disebabkan karena pengetahuan ibu ni fas tentang cara merawat luka perineum (Suwiyoga, 2009). Dari studi pendahuluan didapatkan 6 ibu tidak tahu sama sekali tentang luka perineum tetapi mengerti dan melakukan perawatan luka perineum, 2 ibu tahu dan melakukan perawatan dengan baik sedangkan 1 ibu sama sekali tidak tahu dan sangat kurang baik dalam melakukan perawan luka perineum. Tujun : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Luka Perineum di Puskesmas Srandakan Bantul. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuatitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode accindental sampling berjumlah 30 responden. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang luka perineum di puskesmas Srandakan pada kategori cukup 46,7 %, Pengertian masuk pada kategori kurang (53,3), penyebab luka perinium masuk pada kategori kurang (40,0%), perawatan luka perineum masuk pada kategori kurang (46,7%),penyembuhan luka perineum masuk pada kategori kurang (56,7%). Kesimpulan : Mayoritas tingkat pengetahuan ibu nifas tentang luka perineum di Puskesmas Srandakan Bantul memiliki tingkat pengetahuan kurang.
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Program Studi > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:29
Last Modified: 15 Nov 2017 02:13
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item