GAMBARAN DUKUNGAN ISTRI KEPADA SUAMI DALAM MENGIKUTI KB (KELUARGA BERENCANA) VASEKTOMI DI KELURAHAN BENER KECAMATAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA

Dwi Ardhia Fatmawati, - (2016) GAMBARAN DUKUNGAN ISTRI KEPADA SUAMI DALAM MENGIKUTI KB (KELUARGA BERENCANA) VASEKTOMI DI KELURAHAN BENER KECAMATAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dwi Ardhia Fatmawati_1113219_nonfull resize.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
Dwi Ardhia Fatmawati_1113219_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Indonesia merupakan salah satu negara dengan kepadatan penduduk yang tinggi oleh karena itu pemerintah memuat berbagai kebijakan, salah satu kebijakan tersebut adalah program Keluarga Berencan. Dimana keluarga sebagai sasaran utamanya, karena keluarga merupakan akseptor utama yang menggunakan alat kotrasepsi, namun kebanyakan perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi, sedangkan partisipasi pria masih sangat sedikit. Kontrasepsi untuk pria salah satunya yaitu MOP, salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan kontrasepsi vasektomi adalah dukungan istri. Respon atau dukungan istri dapat bersifat mendukung ataupun tidak mendukung tergantung dari pengetahuan, sikap, umur, dan kepercayaan. Tujuan : Untuk mengetahui Gambaran Dukungan Istri Kepada Suami Dalam Mengikuti KB (Keluarga Berencna) Vasektomi di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Metode Penelitian : Desain Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling dengan jumlah responden 39 istri. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar istri tidak mendukung suami dalam mengikuti KB Vasektomi yaitu dari 39 responden, yang mendukung sebanyak 17 (43,6%) dan yang tidak mendukung sebanyak 22 responden (57,4%). Kesimpulan : Dari hasil penelitian mengenai Dukungan Istri Kepada Suami Dalam Mengikuti Vasektomi di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta didapatkan kesimpulan bahwa sebagian besar istri tidak mendukung suami dalam mengikuti KB Vasektomi yaitu sebanyak 22 responden (56,4%).

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Ekawati, S.SiT, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Dukungan, Vasektomi, Support, Vasectomy
Subjects: Kebidanan > BB Keluarga Berencana(KB)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:01
Last Modified: 21 Nov 2017 03:00
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item