HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECEMASAN PERPISAHAN PADA ANAK PRA SEKOLAH di WILAYAH KECAMATAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Diyah Nur Rahmawati, - (2011) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECEMASAN PERPISAHAN PADA ANAK PRA SEKOLAH di WILAYAH KECAMATAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Diyah Nur Rahmawati_3207009_nonfull.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
Diyah Nur Rahmawati_3207009_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Latar Belakang. Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa pra sekolah. Perkembangan anak usia pra sekolah salah satunya tercermin dalam perkembangan emosional anak. Salah satu bahaya di dalam pola perkembangan emosional adalah kecemasan perpisahan. Pola asuh menjadi faktor yang sangat mempengaruhi anak dalam pembentukan kepribadian anak. Penelitian perkembangan psikologi menunjukkan bahwa kegelisahan atau kecemasan akan kasih sayang (kasih sayang yang berlebihan) juga berperan sebagai faktor yang menyebabkan kerusakan emosional dan psikopatologi. Tujuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecemasan perpisahan pada anak pra sekolah di wilayah kecamatan Ngaglik Sleman. Metode. Metode penelitian menggunakan kuantitatif non eksperimental, rancangan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah anak usia pra sekolah di seluruh wilayah Ngaglik. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 52 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2011. Hasil. Dari 52 sampel diperoleh data mengenai pola asuh orang tua yaitu sebesar 53,8% berpola asuh otoriter, 11,5% permisif, dan 34,6% demokratis. Anak yang mengalami perpisahan sebanyak 55,8% dan yang tidak mengalami kecemasan perpisahan sebesar 44,2%. Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecemasan perpisahan (p=0,011) dengan koefisien korelasi sebesar 0,386 yang menunjukkan arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang rendah. Kesimpulan. Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecemasan perpisahan pada anak pra sekolah di wilayah Kecamatan Ngaglik Sleman.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Atik Badi’ah Dosen Pembimbing 2 :Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kecemasan Perpisahan, Anak Pra Sekolah 1
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:14
Last Modified: 08 Nov 2017 04:14
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item