EFEKTIVITAS MODEL PENYULUHAN SADARI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG SADARI PADA IBU-IBU DI DUSUN KALIMANJUNG AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Febriana Dewi Lopita Sari, - (2011) EFEKTIVITAS MODEL PENYULUHAN SADARI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG SADARI PADA IBU-IBU DI DUSUN KALIMANJUNG AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Febriana Dewi Lopita Sari_3206023_nonfull.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
Febriana Dewi Lopita Sari_3206023_full-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Latar Belakang : Kanker payudara dapat ditemukan secara dini dengan pemeriksaan SADARI, pemeriksaan klinik dan pemeriksaan mamografi. Deteksi dini dapat menekan angka kematian sebesar 25-30%. Prevalensi kejadian tumor/kanker di Indonesia, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2007, sebesar 4,3 per 1000 penduduk. Departemen Kesehatan 2007 menunjukkan, tingkat prevalensi tumor dan kanker di DIY mencapai 9,6 per 1.000 orang atau di atas prevalensi nasional sebesar 4,3 per 1.000 orang. Berdasarkan hal tersebut maka upaya peningkatan pengetahuan dari para ibu-ibu dalam rangka mencegah terjadinya kanker payudara perlu dilakukan penyuluhan SADARI. Tujuan Penelitian : Mengetahui efektifitas model penyuluhan SADARI terhadap peningkatan pengetahuan ibu- ibu tentang SADARI Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperiment yang digunakan adalah pretest dan posttest Tempat penelitian Dusun Kalimanjung Ambarketawang Gamping Sleman. Sampel yang digunakan adalah ibu yang berusia 20-50 tahun yang tinggal di Dusun Kalimanjung. Variabel yang diteliti adalah peningkatan pengetahuan tentang SADARI, serta efektivitas model penyuluhan SADARI. Data yang di peroleh dianalisis dengan uji statistik ANOVA. Hasil Penelitian : Hasil analisis peningkatan pengetahuan SADARI dan efektivitas model penyuluhan SADARI, ibu dengan pengetahuan baik (64,8%) dan ibu dengan pengetahuan cukup ( 33,3%) ibu dengan pengetahuan kurang (1,9%). Hasil uji statistik anova diketahui bahwa nilai F statistik sebesar 5,897 dan untuk p-value sebesar 0,005 < 0,05, dapat disimpulkan antara ketiga kelompok penyuluhan terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji Tukey dengan menu uji Post Hoc menunjukkan bahwa media demonstrasi paling baik dalam meningkatkan pengetahuan ibu-ibu tentang SADARI. Kesimpulan : Penyuluhan menggunakan media demonstrasi lebih efektif meningkatkan pengetahuan tentang SADARI pada ibu-ibu di Dusun Kalimanjung Ambarketawang Gamping Sleman dibandingkan dengan media leaflet dan ceramah.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen pembimbing 1 : induniasih Dosen Pembimbing 2 : Yanita Trisetiyaningsih
Uncontrolled Keywords: Model Penyuluhan, SADARI, pengetahuan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:23
Last Modified: 08 Nov 2017 04:23
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item