GAMBARAN PELAKSANAAN PROSEDUR TETAP PEMBERIAN TRANSFUSI DARAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Rohmi Wijaya, - and Wenny Savitri, - and R.Anggono Joko Prasojo, - (2013) GAMBARAN PELAKSANAAN PROSEDUR TETAP PEMBERIAN TRANSFUSI DARAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Rohmi Wijaya_32115006_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak & Intisari)
Rohmi Wijaya Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Transfusi darah merupakan salah satu bagian penting dari pelayanan kesehatan modern. WHO Global Database on Blood Safety melaporkan bahwa 20 % populasi dunia berada di negara maju dan sebanyak 80% telah memakai darah dari donor yang amam. Sedangkan 80 % populasi dunia berada di negara berkembang hanya 20 % memakai darah dari donor yang aman. WHO telah mengembangkan strategi untuk transfusi darah yang aman dan meminimalkan reaksi transfusi. Reaksi transfusi yang terjadi adalah reaksi transfusi cepat dan lambat. Reaksi transfusi tersebut terjadi karena berkaitan dengan error atau kesalahan oleh petugas. Kesalahan petugas ini yang paling sering adalah salah mengidentifikasi komponen darah dan darah diberikan kepada orang yang salah. Untuk meminimalkan resiko bahaya transfusi dan terjadinya kesalahan, perawat yang memberikan transfusi darah harus mematuhi prosedur tetap yang telah ditetapkan oleh rumah sakit. Tujuan : Diketahuinya gambaran pelaksanaan prosedur tetap pemberian transfusi darah di Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Metode : Rancangan penelitian ini adalah deskriptif observasional. Sampel diambil dengan tehnik purposive sampling yaitu sebanyak 32 responden perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kabupaten Kulon Progo. Pengamatan dilakukan dengan cara observasi terhadap perawat yang melakukan pemberian transfusi darah dengan menggunakan panduan checklist observasi yang penilaiannya dengan menggunakan skor. Analisa data yang digunakan penelitian ini adalah analisis univariat, yaitu dengan menganalisis variabel secara deskriptif, dan penghitungannya dengan menggunakan persentase. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2012. Hasil : Hasil observasi menunjukkan perawat melakukan semua protap sebanyak 3,1%, melakukan sebagian protap sebanyak 96,9%. Kesimpulan dan Saran : Secara umum perawat melakukan sebagian protap terutama pada pelaksanaan prosedur pengukuran vitalsign dan lembar verifikasi. Saran bagi rumah sakit penyegaran kembali tentang protap transfusi darah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2: R.Anggono Joko Prasojo
Uncontrolled Keywords: Prosedur tetap, transfusi darah.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:30
Last Modified: 12 Jul 2018 08:30
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item