PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PADA TINGKAT PENGETAHUAN KLIEN TENTANG PERAWATAN PASCA OPERASI KANKER PAYUDARA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Lusi Siwu, - and Wenny Savitri, - and Masta Hutasoit, - (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PADA TINGKAT PENGETAHUAN KLIEN TENTANG PERAWATAN PASCA OPERASI KANKER PAYUDARA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Lusi Siwu_3208123_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
Lusi Siwu_3208123_nonfull.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lusi Siwu_3208123_nonfull.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan jika ditemukan pada stadium lanjut. Semakin dini kanker payudara ditemukan, kemungkinan sembuhnya semakin besar, namun jika kanker payudara ditemukan pada stadium lanjut maka harus dilakukan operasi pengangkatan payudara. Pentingnya perawatan pasca operasi kanker payudara untuk mencegah komplikasi seperti infeksi. Adanya informasi tentang perawatan pasca operasi kanker payudara menjadi motivasi para wanita untuk menambah pengetahuan tentang area payudara. Informasi ini dapat diperoleh melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Seseorang yang terpapar informasi lebih banyak akan berbeda dengan yang tidak terpapar informasi. Dengan adanya informasi akan memberikan pengaruh pada pengetahuan seseorang. Tujuan Penelitian: Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan pada tingkat pengetahuan klien tentang perawatan pasca operasi kanker payudara di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain One Group Pre test - Post test. Jumlah sampel yang digunakan adalah 21 responden dari RSUD Panembahan Senopati Bantul dan RSUD Wates. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil: Tingkat pengetahuan klien setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar baik sebanyak 14 responden (66, 7%) lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan pendidikan kesehatan yaitu sebagian besar kurang sebanyak 17 responden (81%). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai z sebesar – 4,028 dan nilai p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai ρ < 0,05 yang berarti pendidikan kesehatan berpengaruh pada tingkat pengetahuan klien pasca operasi kanker payudara. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan pada tingkat pengetahuan klien pasca operasi kanker payudara sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2: Masta Hutasoit
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, perawatan, pasca operasi, pengetahuan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PR Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 04:06
Last Modified: 14 Feb 2019 08:49
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item