PELATIHAN PROMOSI KESEHATAN TENTANG ISPA PADA KADER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER DI DESA PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDUL

Oktadika Arma, - (2014) PELATIHAN PROMOSI KESEHATAN TENTANG ISPA PADA KADER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER DI DESA PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Oktadika Arma_3210071_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Oktadika Arma_3210071_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kader kesehatan merupakan salah satu sumber informasi bagi masyarakat sebagai modal dalam pembentukan perilakunya terutama di bidang kesehatan. Kinerja kader salah satunya dipengaruhi oleh sikap dan pengetahuan. Pengetahuan dan sikap kader dapat ditingkatkan melalui pemberian informasi dari tenaga kesehatan, yaitu pelatihan promosi kesehatan. Salah satu promosi kesehatan yang dapat diberikan pada kader adalah promosi kesehatan tentang ISPA. ISPA merupakan salah satu penyebab kematian pada bayi dan balita yang cukup tinggi. ISPA mengakibatkan sekitar 20%-30% kematian anak balita dan diperkirakan 10%-20% per tahun balita yang meninggal karena pneumonia, yang merupakan infeksi lanjut dari ISPA. Tujuan Penelitian: Diketahuinya pengaruh pelatihan promosi kesehatan tentang ISPA pada kader terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kader di desa Piyaman Wonosari Gunungkdul. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experimental) dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kader kesehatan desa Piyaman, jumlah sampel 40 kader, dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan analisa data yang digunakan adalah uji statistik Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil: Tingkat pengetahuan kader setelah diberikan promosi kesehatan dalam kategori baik, yaitu sebanyak 85% (p value 0,000). Sikap kader setelah diberikan promosi kesehatan seluruhnya menjadi postif, yaitu 100% (p value 0,014). Tingkat pengetahuan kader pada kelompok kontrol dikategorikan baik sebanyak 40% (p value 0,034) dan sikap positif kader 70% (p value 0,317). Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara pelatihan promosi kesehatan tentang ISPA pada kader terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kader di desa Piyaman Wonosari Gunungkdul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Titih Huriah Dosen pembimbing 2 :Ratna Lestari
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Promosi Kesehatan, ISPA, Kader Kesehatan, Pengetahuan, Sikap.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:03
Last Modified: 23 Nov 2017 02:03
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item