HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRATEGI KOPING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI SLB AUTIS HARMONY SOLO

Iffah Lingga, - and Dewi Retno Pamungkas, - and Retno Sumiyarini, - (2013) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRATEGI KOPING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI SLB AUTIS HARMONY SOLO. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Iffah Lingga_3209070_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Iffah Lingga_3209070_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Anak yang mengalami hambatan perkembangan seperti autisme merupakan stressor bagi orang tua. Orang tua membutuhkan strategi koping, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu dukungan sosial yang dapat mempengaruhi penyelesaian masalah yang efektif. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dilihat dari kepuasan menerima dukungan sosial dengan strategi koping pada orang tua yang memiliki anak autis. Metode: Penelitian non-eksperimental analitik korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel sebesar 47 orang tua dari siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Harmony Solo. Instrumen penelitian menggunakan Brief Cope dan Social Support Questionnaire (SSQ). Analisis data menggunakan Chi-Square. Hasil: Mayoritas orang tua (55,3%) menggunakan strategi koping yang berfokus pada emosi (Emotion Focused Coping). Mayoritas orang tua merasa tidak puas dengan dukungan sosial yang diterima sebanyak 53,2%. Sumber dukungan yang paling banyak diterima berasal dari sumber primer (suami, keluarga, dan sahabat). Bentuk dukungan yang paling dirasakan memuaskan berupa dukungan instrumental. Terdapat hubungan antara dukungan sosial dilihat dari kepuasan menerima dukungan sosial dengan strategi koping orang tua (p=0,000 (α<0,05)). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan sosial dilihat dari kepuasan menerima dukungan sosial dengan strategi koping pada orang tua dari anak autis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dewi R. Pamungkas Dosen Pembimbing 2: Retno Sumiyarini
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Strategi Koping, Autis
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:43
Last Modified: 13 May 2019 03:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item