HUBUNGAN PERSEPSI PERAWAT TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANG DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA

Yohanes Eko Priyo Wibowo, - (2014) HUBUNGAN PERSEPSI PERAWAT TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANG DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Yohanes Eko Priyo Wibowo_32105016_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
Yohanes Eko Priyo Wibowo_32105016_nonfull.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Profesi perawat memiliki waktu kontak dan interaksi yang lebih panjang terhadap penerima jasa pelayanan kesehatan, dibandingkan dengan profesi kesehatan lainnya. Sehingga dibutuhkan tenaga perawat yang berkualitas. Kepemimpinan sangat diperlukan sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi . Gaya kepemimpinan mempunyai hubungan positif dengan motivasi kerja karyawan untuk mencapai prestasi yang optimal. Tujuan Penelitian: Diketahuinya Hubungan Persepsi Perawat tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang dengan Motivasi Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian adalah 106 responden perawat instalasi rawat inap RS Bethesda Yogyakarta. Analisa data menggunakan pearson’s correlation product moment dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil: Dari 106 responden, 52 responden berumur kurang dari 30 tahun (49%) dan 89 responden berjenis kelamin perempuan (84%). 100% responden berpendidikan D III Keperawatan dan 43,5% telah bekerja lebih dari 10 tahun. Gaya kepemimpinan yang dipersepsikan banyak digunakan adalah gaya kepemimpinan demokratis sebanyak 41 responden (38,5%). Sedangkan lainnya mempersepsikan kepala ruang menggunakan gaya kepemimpinan autokratis 37 responden (35%) dan gaya kepemimpinan laissez-faire 28 responden (26,5%). Motivasi kerja perawat berada pada kategori positif dengan nilai mean = 68,59 yang berada pada rentang skor 55 – 88. Hubungan gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja perawat ditemukan hasil pearson’s correlation product moment sebesar -0.049 yang lebih kecil dari rtabel dan nilai signifikansi p = 0,621 yang lebih besar dari nilai signifikansi p = 0,000. Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara persepsi perawat tentang gaya kepemimpinan kepala ruang dengan motivasi kerja perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 : Nuryandari Dosen PEmbimbing 2 : Deby Zulkarnain Rahadian Syah
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan, Perawat, Rumah Sakit Bethesda
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:34
Last Modified: 23 Nov 2017 05:34
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item