HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN PAYUDARA POST PARTUM DI RUANG BERSALIN RUMAH SAKIT UMUM Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2009

Wahyuningsih, - and Agung Putri HSN, - and Nani Kanari, - (2009) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN PAYUDARA POST PARTUM DI RUANG BERSALIN RUMAH SAKIT UMUM Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2009. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Wahyuningsih_13206016_nonfull.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
Wahyuningsih_13206016_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)

Abstract

Untuk mempelajari hubungan antara tingkat pendidikan formal dengan pengetahuan Ibu tentang perawatan payudara post Partum di ruang bersalin RSUD DR Moewardi Surakarta Tahun 2009. Program Diploma III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Ahmat Yani Yogyakarta. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuissoner sebagai alat pengumpul data. Dalam penelitian ini dilaksankan diruang bersalin RSUD DR Moewardi Surakarta yang berjumlah 58 responden. Responden tersebut dibagi dalam tingkat pendidikan ; SD sebanyak 5 orang, SLTP sebanyak 15 orang, SLTA sebanyak 28 orang dan PT/SM sebanyak 10 orang. Data yang didapat dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran emosional dengan menggunakan software SPSS for Microsoft Windows release 12.0. Hasil penelitian dari 58 responden didapat bahwa pada kelompok pendidikan SD hanya 1 orang mengetahui tentang perawatan payudara dengan kategori baik, 1 orang kategori cukup dan 3 orang kategori rendah. Kelompok pendidikan SLTP ada 14 orang mengetahui tentang perawatan payudara dengan kategori baik, 2 orang kategori cukup dan 0 orang kategori rendah. Kelompok pendidikan SLTA ada 27 orang mengetahui tentang perawatan payudara dengan kategori baik, 1 orang kategori cukup dan 0 orang kategori rendah. Dan untuk Kelompok pendidikan PT/SM ada 8 orang mengetahui tentang perawatan payudara dengan kategori baik, 1 orang kategori cukup dan 0 orang kategori rendah. Simpulan, terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan formal dengan pengetahuan ibu tentang perawatan payudara post Partum.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Agung Putri Dosen Pembimbing 2: Nani Kanari
Uncontrolled Keywords: Pendidikan formal, perawatan payudara, post partum.
Subjects: Kebidanan > BR Kesehatan Reproduksi (Kespro)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:39
Last Modified: 16 Jan 2019 08:59
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item