Literature Review : Evaluasi Kepuasan Pasien BPJS Di Puskesmas

Febri Ngestiutama, - and Deby Zulkarnain Rahadian Syah, - (2020) Literature Review : Evaluasi Kepuasan Pasien BPJS Di Puskesmas. Other thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan perlu dilakukan oleh unit pelayanan kesehatan dalam menghadapi era globalisasi. Puskesmas
adalah salah satu fasilitas kesehatan yang memberilkan kepuasan menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat, Puskesamas merupakan pelayanan pertama pada pasien pengguna BPJS sebelum pasien tersebut bisa menggunakan kartu BPJS di
rumah sakit.
Tujuan : Mengetahui evaluasi kepuasan pasien BPJS di Puskesmas.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode literature review.
Hasil : Berdasarkan hasil analsisis jurnal didapatkan hasil bahwa usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis kepesertaan sangatlah mempengaruhi kepuasan. Pada dimensi tangible, reliabilty, resposibilty, assurance memiliki kepuasan yang tinggi dan yang memiliki kepuasan rendah ada pada dimensi empaty. sedangkan pada elemen fasilitas dan sumber daya manusia, aspek struktur pelayanan sangatlah mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil dari analisa dapat disimpulkan bahwa rata-rata pasien sudah merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pasien BPJS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 07 Apr 2023 06:25
Last Modified: 31 Jan 2024 14:46
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item