Kualitas Kode Klinis Pasien Rawat Inap BPJS di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul

Refina Rahmatillah, - and Kori Puspita Ningsih, - (2023) Kualitas Kode Klinis Pasien Rawat Inap BPJS di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Judul_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Abstrak_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Bab 1_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Bab 1_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Bab 2_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Bab 2_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab 3_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Bab 3_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Bab 4_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Bab 4_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Bab 5_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Bab 5_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Daftar Pustaka_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Lampiran_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Plagiarisme_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf] Text
Plagiarisme_201204092_Refina Rahmatillah_RMIK.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Kualitas kode diagnosis menjadi bagian yang sangat penting ditingkat manajemen Rumah Sakit, Informasi pelaporan yang tidak akurat akan menimbulkan kesalahan dalam pengambilan keputusan dan menimbulkan masalah ketidakakuratan perhitungan statistik rumah sakit, laporan pelayanan yang tidak berkualitas, permasalahan dalam klaim asuransi, dan akan adanya kendala dalam pengembangan kebijakan kesehatan oleh pemerintah, Audit data klinis harus
dilakukan untuk meninjau dan menganalisis kesalahan yang ditemukan dan mencoba menelusuri sumbernya, untuk membandingkan informasi yang dihasilkan oleh coder klinis dengan informasi dalam rekam medis pasien.
Metode penelitian : penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional
Tujuan Penelitian : Mendeskripsikan cara melakukan audit coding di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul, Menganalisis kualitas kode klinis berdasarkan aspek Reliability, Completeness, Timeliness, Acccuracy, Definition, Relevancy di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul.
Hasil Penelitian : Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul belum terdapat SPO audit coding dan pelaksanaan audit coding dilakukan oleh bagian satuan pengawas internal. Audit coding dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dan terdapat buku panduan umum dalam pelaksanaan audit coding di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Dari ke enam aspek kualitas coding capaian tertinggi terdapat pada aspek Timeliness sebesar 100% penetapan kode diagnosis di Rumah Sakit Nur Hidayah
Bantul sudah dilakukan kurang dari 2 x 24 jam, dan capaian terendah pada aspek completeness sebesar 80%.
Kesimpulan : Sudah dilakukan kegiatan audit coding akan tetapi belum terdapat SPO terkait audit coding. Dari 6 aspek kualitas kode yang paling tertinggi yaitu aspek timeliness yang sudah dilakukan 100% dan yang terendah pada aspek completeness 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 08 May 2024 01:40
Last Modified: 08 May 2024 01:40
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item
View Item