Mengukur Kepuasan Pasien BPJS Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis Dipuskesmas Galur 1

Silla Yusyanti, - and Laili Rahmatul Ilmi, - (2023) Mengukur Kepuasan Pasien BPJS Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis Dipuskesmas Galur 1. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Judul_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of Abstrak_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Abstrak_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of Bab 1_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Bab 1_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Bab 2_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Bab 2_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab 3_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Bab 3_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Bab 4_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Bab 4_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab 5_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Bab 5_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Daftar Pustaka_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Lampiran_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Lampiran_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf] Text
Plagiarisme_201204103_Silla Yusyanti_RMIK.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Puskesmas merupakan tempat upaya kesehatan yang meliputi promotif (promosi) dan preventif (pencegahan) dilaksanakan dengan fokus pelayanan masyarakat yang meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat luas tanpa menurunkan kualitas dan mutu pelayanan bagi setiap perorangan. Importance Performance Analysis (IPA) ialah merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur ataupun menanggapi suatu permasalahan yang berkaitan dengan kepuasan, seperti mengukur kepuasan pasien.
Tujuan : Mengukur Kepuasan Pasien BPJS Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis Dipuskesmas Galur 1 Dengan Menggunakan 5 metode.
Metode : Peneliti ini memakai metode deskriptif kuantitatif dengan metode crosssectional. Teknik penentuan sampel adalah Simple Random Sampling (SRS), dengan jumlah responden sebanyak 97 orang.
Hasil Penelitian : Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Galur 1 menunjukan bahwa pada metode Tangible 77%, Reliability 77%, Responsiveness 76%, Assurance 80%, dan Empathy 78%. Pada Importance Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa dari diagram Cartesius diketahui bahwa indikator pelayanan yang harus dipertahankan adalah indikator yang barada pada kuadrat II. Sedangkan indikator pertanyaan yang harus ditingakatkan adalah indikator yang
berada diposis kuadrat III. Untuk kuadrat I dan IV diindikator pelayanan sudah sangat baik.
Kesimpulan : Secara umum kepuasan pasien BPJS dalam pelayan kesehaatn di Puskesmas Galur 1 menunjukan puas terhadap pelayanan yang diberikan. Namun untuk parkiran bisa di perluas agar cukup untuk pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 08 May 2024 07:03
Last Modified: 08 May 2024 07:04
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item
View Item