Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Pending Klaim Berkas Rawat Inap Pasien BPJS Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul

Vita Mulia, - and Kori Puspita Ningsih, - (2023) Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Pending Klaim Berkas Rawat Inap Pasien BPJS Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
Judul_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
Abstrak_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of BAB I_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
BAB I_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of BAB II_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
BAB II_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB III_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
BAB III_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of BAB IV_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
BAB IV_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of BAB V_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
BAB V_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
Daftar Pustaka_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
Lampiran_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf] Text
Plagiarisme_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Pending klaim merupakan masalah yang ditemukan setiap bulan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Berdasarkan data klaim BPJS rawat inap Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul di bulan Juli-Desember 2022 ada 2.364 berkas
klaim rawat inap yang diajukan dan terdapat 69 berkas yang mengalami pending klaim.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor penyebab pending klaim rawat inap dengan menggunakan diagram fishbone.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, checklist studi dokumentasi, dan checklist observasi
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan penyebab pending klaim dari aspek pelayanan medis (44,93%), kemudian diurutan kedua pada aspek administrasi (28,99%), dan yang paling rendah adalah aspek coding (26,09%). Penyebab pending
klaim ditinjau dari 3 aspek yaitu administrasi, pelayanan medis,dan coding Prioritas masalah terletak pada aspek pelayanan medis karena masih ada dokter yang tidak mengisi resume medis, dan pengkajian awal rawat inap, Clinical Pathway yang masih berproses dan belum dijalankan 100% dipelayanan , dan diagnosis yang diajukan tidak sesuai kriteria BPJS.
Kesimpulan : Hasil pending tertinggi ada pada aspek pelayanan medis (44,93%), karena masih ada beberapa dokter yang belum melengkapi resume medis, dan diagnosis yang diajukan sering kali tidak sesuai kriteria BPJS sehingga diagnosis tidak disetujui oleh BPJS, dan clinical pathway yang masih berproses dan belum dijalankan 100% di pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 08 May 2024 08:35
Last Modified: 08 May 2024 08:35
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item
View Item