Yohana Pangestika, - and Ristiana Eka Ariningtyas, - (2022) Kepuasan Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sedayu II Bantul. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (795kB)
Abstrak_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (296kB)
Bab 1_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (315kB)
Bab 2_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (365kB)
Bab 3_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (470kB)
Bab 4_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (352kB)
Bab 5_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (197kB)
Daftar Pustaka_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (415kB)
Lampiran_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Plagiarisme_191204022_Yohana Pangestika_RMIK.pdf
Download (576kB)
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan adalah rasa bahagia atau menyesal yang timbul akibat memiliki perbandingan harapan atau pelayanan yang diterimanya pada beberapa produk atau jasa yang diperolehnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, terdapat pasien yang merasa kurang puas karena kurangnya fasilitas seperti bangku di ruang tunggu serta ruangan yang sempit, tetapi pasien lainnya menyatakan cukup puas dengan pelayanan pendaftaran pasien di Puskesmas Sedayu II Bantul seperti kedisiplinan petugas, petugas tepat waktu serta cekatan dalam memberikan pelayanan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui kepuasan di pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Sedayu II Bantul.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data menggunakan teknik accidental sampling dengan responden sebanyak 51 pasien. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, 31 (60,8%) responden menyatakan puas serta 20 (39,2%) responden sangat puas. Berdasarkan karakteristik, responden terbanyak berjenis kelamin perempuan 37 (72,5%), berumur 23-32 tahun sebanyak 26 (50,9%), jenjang pendidikan terakhir SMA sebanyak 22 (43,1%), serta bekerja sebagai pegawai swasta sebanyak 22 (43,1%). Tingkat kepuasan tertinggi berdasarkan 5 dimensi kepuasan yaitu dimensi reliability (keandalan) responden menyatakan sangat puas sebanyak 40 (78,43%), sedangkan tingkat kepuasan terendah pada dimensi empathy (kepedulian) responden terbanyak menyatakan puas sebanyak 32 (62,8%).
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sedayu II Bantul dalam kategori Puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelayanan |
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 06:38 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 06:38 |
URI: | https:///id/eprint/1571 |