Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma, - and Kori Puspita Ningsih, - (2022) EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PIECES DI PUSKESMAS MLATI II. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
JUDUL_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK.pdf
Download (578kB)
Abstrak_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK.pdf
Download (60kB)
BAB 1_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK.pdf
Download (128kB)
BAB 2_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
BAB 3_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK.pdf
Download (97kB)
BAB 4_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK - Copy.pdf
Download (856kB)
BAB 5_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK - Copy.pdf
Download (55kB)
DAPUS_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK - Copy.pdf
Download (121kB)
LAMPIRAN_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
PLAGIARISME_191204096_Muhammad Fakhrurrozi Satyadarma_RMIK.pdf
Download (22kB)
Abstract
Latar Belakang: Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 31 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Puskesmas, membantu dalam ketersediaan data maupun informasi secara akurat, tepat, dan cepat untuk mewujudkan pelayanan kesehatan di tingkat kerja puskemas. Pemanfaatan SP2TP tidak terimplementasikan secara
baik sehingga SP2TP hanya sebatas bentuk formalitas pelaporan. Permasalahan SP2TP dibuatnya Sistem Informarsi Manajemen Puskesmas.
Tujuan Penelitian: Mengetahui Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskemas di Puskesmas Mlati II.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengambilan data dengan observasi dan wawancara.
Hasil Penelitian: Pada aspek performance, kesesuaian kinerja petugas dan kemampuan petugas terhadap kecepatan pelayanan kepada pasien cukup baik dalam penggunaan sistem informasi manajemen puskesmas. Aspek information yang dihasilkan oleh sistem informasi manajemen puskesmas sudah akurat, data yang terjamin dan mudah dipahami oleh petugas. Aspek economy tidak membutuhkan biaya karena pihak puskesmas bisa melakukan perawatan sendiri. Aspek control pada sistem memiliki keamanan yang sudah diimplementasikan dan terdapat backup server. Aspek efficiency sistem informasi manajemen puskesmas didukung dengan penggunaan aplikasi yang sudah diterapkan diseluruh unit rumah sakit dan dapat membantu petugas dalam mengoperasikanny. Aspek service pada sistem informasi manajemen puskesmas didukung dengan petugas yang mudah dalam mengoperasikan ataupun menggunakan sistem informasi manajemen puskesmas.
Kesimpulan: Pada aspek performance dari sistem informasi manajemen puskesmas yang diterapkan sudah cukup baik. Aspek information yang dihasilkan oleh sistem informasi manajemen puskesmas sudah akurat. Aspek economy tidak membutuhkan biaya. Aspek control sudah cukup baik. Aspek efficiency sistem informasi manajemen puskesmas sudah cukup baik. Aspek service pada sistem informasi manajemen puskesmas sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen Puskesmas, Metode Pieces |
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:31 |
URI: | https:///id/eprint/1636 |