Gambaran Gangguan Tidur Pada siswa Kelas 4 dan 5 Yang Bermain Game Online Di SD N 1 Sewon Bantul Yogyakarta

Iqbal Ibrahim, - and Latifah Susilowati, - (2020) Gambaran Gangguan Tidur Pada siswa Kelas 4 dan 5 Yang Bermain Game Online Di SD N 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Maraknya permainan game online menyebabkan pemain menjadi kecanduan terhadap permainan tersebut. Kecanduan bermain game online dapat menyebabkan gangguan tidur yaitu kumpulan gejala yang ditandai oleh gangguan dalam jumlah, kualitas dan waktu tidur pada seseorang. Dampak gangguan tidur pada kehidupan anak meliputi konsentrasi dan berkurangnya waktu reaksi yang melambat, kewaspadaan yang berkurang, serta penurunan fungsi eksekutif.
Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran gangguan tidur pada siswa kelas 4 dan 5 yang bermain game online di SD N 1 Sewon Bantul Yogyakarta
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik total sampel sebanyak 57 anak. Instrument penelitian menggunakan kuesioner sleep disturbances scale for children (SDSC).
Hasil Penelitian: Sebanyak 35,1% anak yang bermain game online mengalami gangguan pola tidur. 29,8% anak mengalami gangguan memulai dan mempertahankan, 36,8% mengalami gangguan pernafasaan saat tidur, 38,6% mengalami gangguan kesadaran saat tidur, 29,8% mengalami gangguan transisi bangun tidur, 38,6% mengalami gangguan somnolen berlebih dan 35,1% mengalami gangguan hyperhidrosis
Kesimpulan: Anak usia sekolah yang bermain game online dapat mengalami gangguan tidur berupa gangguan pola tidur, gangguan memulai dan mempertahankan tidur, gangguan pernafasan, gangguan kesadaran, gangguan transisi tidur bangun, gangguan somnolen berlebih dan gangguan hiperhidrosis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Tidur, Game Online
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 07 Apr 2023 06:27
Last Modified: 02 Feb 2024 14:26
URI: https:///id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item