Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Di Puskesmas Banguntapan II Bantul Yogyakarta

Findy Fatikasari, - and Imaniar Sevtiyani, - (2020) Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Di Puskesmas Banguntapan II Bantul Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Penerapan DGS (Digital Goverment Service) di Puskesmas Banguntapan II Bantul masih mengalami kendala. Petugas mengeluhkan bahwa sistem sering erorr. Sehingga petugas membutuhkan waktu kerja dua kali. Dampaknya akan menghambat pekerjaan yang lain.
Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasaan pengguna sistem informasi puskesmas di Puskesmas Banguntapan II Bantul Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 26 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil: Aspek content responden menyatakan puas (76,9%), sistem DGS sudah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna tetapi masih ada menu yang belum terdapat disistem DGS seperti menu penambalan gigi. Aspek accuracy responden menyatakan netral (50%), sistem DGS sudah mengelola informasi secara akurat tetapi masih terjadi data yang sudah diisikan oleh petugas ke sistem tiba-tiba hilang. Aspek format responden menyatakan puas (61,5%), Interface sistem DGS sudah menarik. Aspek ease of use responden menyatakan puas (57,7%), sistem DGS sudah memberikan kemudahan. Aspek timeliness responden menyatakan puas (61,5%), sistem DGS dalam menyediakan informasi sudah tepat waktu.
Kesimpulan: Secara keseluruhan kepuasaan pengguna sistem informasi puskesmas dari aspek content 76,9% responden menyatakan puas, aspek accuracy 50% responden menyatakan netral, aspek format 61,5% responden menyatakan puas, aspek ease of use 57,7% responden menyatakan puas, dan aspek timeliness 61,6% responden menyatakan puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi Puskesmas, End-User Computing Satisfaction
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:30
Last Modified: 16 Feb 2024 02:30
URI: https:///id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item
View Item