Safira Permata Irawan, - and Eva Putriningrum, - (2020) Literatur Riview Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Poliklinik Kebidanan Di Rumah Sakit. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![[thumbnail of JUDUL.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JUDUL.pdf
Download (576kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (383kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
Abstract
Latar Belakang: Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan adalah tingkat kepuasan pasien ketika mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, termasuk di rumah sakit. Masyarakat akan melihat pelayanan kesehatan yang bermutu sebagai suatu pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan dengan dilaksanakan secara sopan dan santun, tepat waktu, serta tanggap. Tingginya tingkat pelayanan yang baik
akan menimbulkan rasa puas dan sikap yang tertib dari masyarakat. Dalam menilai tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya adalah waktu tunggu pasien dalam pelayanan.
Tujuan Penelitian: Mendeskripsikan tentang hubungan waktu tunggu terhadap tingkat kepuasan pasien pada poliklinik kebidanan di rumah sakit dari berbagai jurnal.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau kajian literature (literature review, literature research) dengan pendekatan deskriptif
pada berbagai jurnal.
Hasil: Berdasarkan analisis dari kedua jurnal, jurnal 1 menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Poliklinik
Kebidanan dan Kandungan RSUD Kota Surakarta. Akan tetapi jurnal 2 menunjukkan hasil bahwa waktu tunggu di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro tidak mempengaruhi kepusan pasien.
Kesimpulan: Waktu tunggu pelayanan yang lama akan menentukan citra setiap rumah sakit. Jadi apabila pasien merasa puas maka pasien juga akan tetap menggunakan rumah sakit tersebut ketika berobat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 14:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 14:20 |
URI: | https:///id/eprint/1744 |