Henokh Sony Kurniawan, - and Imaniar Sevtiyani, - (2020) Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul.pdf
Download (432kB)
Abstrak.pdf
Download (269kB)
Bab I.pdf
Download (293kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (380kB)
Bab III.pdf
Download (294kB)
Bab IV.pdf
Download (365kB)
Bab V.pdf
Download (166kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (266kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (713kB)
Abstract
Latar Belakang: Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan yang sangat kompleks, padat profesi dan padat modal. Pelayanan rekam medis merupakan salah satu pelayanan yang terdapat di rumah sakit. Menurut Permenkes No. 269 tahun 2008 rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada
pasien. Dalam rangka meringankan biaya pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat telah diselenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Rumah Sakit Bhayangkara merupakan salah satu fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang sudah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menyelenggarakan program JKN. Berdasarkan studi pendahuluan pada 24 Februari 2020 masih terjadi pending klaim di RS Bhayangkara,sehingga mengganggu cashflow rumah sakit.
Tujuan Penelitian: Mengetahui faktor-faktor penyebab pending klaim BPJS kesehatan di RS Bhayangkara Yogyakarta berrdasarkan 5 M (Man, Money, Machine, Materials, Method)
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif
Hasil Penelitian: dari hasil penelitian diketahui dari faktor 5 M (Man, Money, Machine, Materials, Method), bahwa kator manusia secara kualitas tidak ada masalah, secara kuantitas ada indikasi kekurangan SDM di bagian casemix, dari faktor money, RS Bhayangkara sangan mendukung, Dari faktor mesin ada salah satu CPU yang spek nya tidak mendukung sehingga prosesnya lambat, dari faktor matrial atau bahan secara umum tidak masalah karena bahan untuk proses klaim BPJS dibuat oleh BPJS, dilihat dari faktor metode atau sistem bagian casemix RS Bhayangkara belum ada SOP proses klaim BPJS sehingga tidak jelas setiap staft tanggungjawab pekerjaannya.
Kesimpulan: Secara umum klaim BPJS di RS Bhayangkara berjalan dengan baik,belum pernah terjadi permasalahan yang berarti, saran perlu dilakyukan Analisa kebutuhan SDM di badian casemix, perlu rahab salah sati CPU yang spek nya kurang baik untuk proses grouping dan perlu dibuatkan SOP proses klaim BPJS di RS Bhayangkara Polda Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pending Klaim, BPJS Kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 14:56 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 14:56 |
URI: | https:///id/eprint/1753 |