Hubungan Dukungan Guru Dengan Pengetahuan Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di SMK N 1 Depok

Eki Irwan Saputra, - and Suwarno, - (2020) Hubungan Dukungan Guru Dengan Pengetahuan Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di SMK N 1 Depok. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Anemia adalah penurunan kadar hemoglobin, eritrosit, dan hematokrit sehingga jumlah eritrosit atau kadar hemoglobin yang beredar tidak dapat memenuhi fungsinya untuk menyediakan oksigen bagi jaringan tubuh. Guru merupakan orang tua disekolah sehingga dukungan guru dapat secara langsung membantu siswa-siswanya. Pengetahuan seseorang akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan dan selanjutnya akan berpengaruh terhadap keadaan gizi individu yang bersangkutan dengan anemia. Rendahnya pengetahuan seseorang tentang anemia mengakibatkan kurangnya konsumsi makanan sumber protein hewani dan nabati. Dukungan guru adalah mengadakan atau menyediakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan orang lain serta memberikan dorongan atau semangat dan nasihat kepada orang lain dalam suatu situasi untuk mengambil keputusan
Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMK N 2 Depok.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik correlational dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 70 responden. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri. Analisis data yang digunakan adalah uji Spearman rho.
Hasil : Ada hubungan yang signifikan antara dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMK N 2 depok. Sebagian besar responden memiliki dukungan guru yang baik yaitu sebanyak 45 responden (64.3%.). Hasil uji spearman di dapatkan p-value sebesar 0.005 < 0,05 dengan nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,330 yang menunjukan keeratan hubungan yang lemah.
Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara dukungan guru dengan pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMK N 2 depok. Disarankan bagi peneliti agar menjadi pengalaman dan pengetahuan mengenai dukungan guru dengan pencegahan anemia pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Guru, Anemia, Pencegahan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 07 Apr 2023 06:57
Last Modified: 01 Feb 2024 13:58
URI: https:///id/eprint/180

Actions (login required)

View Item
View Item