Khoirul Anam, - and Fajriyati Nur Azizah, - (2019) Hubungan Konsep Diri Dengan Terjadinya Bullying Pada Remaja Di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![[thumbnail of Judul.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of Bab I.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of Bab II.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (111kB)
![[thumbnail of Bab III.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of Bab IV.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of Bab V.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Konsep diri merupakan gagasan gagasan tentang diri sendiri yang digambarkan sebagai cara pandang dan perasaan terhadap diri sendiri. Konsep diri mempengaruhi kepribadian seseorang.Konsep diri negatif dapat menyebabkan
sesorang melakukan tindakan bullying.Lebih dari 130 juta remaja umur 13-15 tahun di dunia mengalami bullying.Hasil pemantauan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2011-2014 terjadi peningkatan angka bullying setiap tahunnya.
Tujuan: Mengetahui hubungan konsep diri dengan terjadinya bullying pada remaja di SMPN 11 Yogyakarta
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah 62 orang.Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner konsep diri dan perilaku bullying. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariabel dan bivariabel menggunakan Kendall’s tau-b.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki konsep diri positif yaitu 93,5% (58 orang), 39 responden (67,2%) melakukan perilaku bullying sedang. Hasil uji Kendall’s tau-b dengan p-value 0,029 dan nilai correlation coefficient 0,347.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan terjadinya bullying pada remaja di SMPN 11 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Bullying |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 03:55 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:06 |
URI: | https:///id/eprint/1801 |