Hubungan Konsep Diri Dengan Terjadinya Bullying Pada Remaja Di SMP Negeri 11 Yogyakarta

Khoirul Anam, - and Fajriyati Nur Azizah, - (2019) Hubungan Konsep Diri Dengan Terjadinya Bullying Pada Remaja Di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Konsep diri merupakan gagasan gagasan tentang diri sendiri yang digambarkan sebagai cara pandang dan perasaan terhadap diri sendiri. Konsep diri mempengaruhi kepribadian seseorang.Konsep diri negatif dapat menyebabkan
sesorang melakukan tindakan bullying.Lebih dari 130 juta remaja umur 13-15 tahun di dunia mengalami bullying.Hasil pemantauan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2011-2014 terjadi peningkatan angka bullying setiap tahunnya.
Tujuan: Mengetahui hubungan konsep diri dengan terjadinya bullying pada remaja di SMPN 11 Yogyakarta
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah 62 orang.Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner konsep diri dan perilaku bullying. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariabel dan bivariabel menggunakan Kendall’s tau-b.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki konsep diri positif yaitu 93,5% (58 orang), 39 responden (67,2%) melakukan perilaku bullying sedang. Hasil uji Kendall’s tau-b dengan p-value 0,029 dan nilai correlation coefficient 0,347.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan terjadinya bullying pada remaja di SMPN 11 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Bullying
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:55
Last Modified: 23 Feb 2024 08:06
URI: https:///id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item
View Item