Heny Ulandari, - and Deby Zulkarnain Rahadian Syah, - (2019) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DAN NON BPJS DI RSUD KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul.pdf
Download (142kB)
Abstrak.pdf
Download (75kB)
Bab I.pdf
Download (72kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
Bab III.pdf
Download (108kB)
Bab IV.pdf
Download (121kB)
Bab V.pdf
Download (25kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (75kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang : Rendahnya tingkat kepuasan pasien tentu akan menjadi citra yang kurang baik pada institusi kesehatan. Tingkat kepuasan pasien didasarkan pada kualitas pelayanan kesehatan yang baik. Hal tersebut dijabarkan dalam lima dimensi kepuasan yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang merata
tanpa memandang pasien BPJS maupun Non BPJS.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS dan Non BPJS di RSUD Kota Yogyakarta dan mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS dan Non BPJS berdasarkan lima dimensi.
Metode Penelitian : Jenis Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik quota sampling dengan total 72 responden yang terbagi menjadi 36 pasien BPJS dan 36 pasien Non BPJS yang merupakan populasi pasien rawat jalan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode analisa uji Mann-Whitney.
Hasil Penelitian : Penelitian ini membuktikan 97,2% pasien BPJS dan Non BPJS puas terhadap kualitas pelayanan. Berdasarkan Uji Mann-Whitney diperoleh nilai p 1,0 > 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara pasien peserta BPJS dan Non BPJS. Berdasarkan lima dimensi, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada dimensi responsiveness, assurance dan tangible. Sedangkan pada dimensi reliability dan emphaty terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, BPJS, Non BPJS |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 15:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 15:36 |
URI: | https:///id/eprint/1839 |