GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TENTANG TUGAS SEBAGAI PELAKSANA UKS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Okta Anggraini Nugroho, - and Ratna Lestari, - (2019) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TENTANG TUGAS SEBAGAI PELAKSANA UKS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar belakang : Anak usia sekolah merupakan kelompok rentan terhadap masalah kesehatan. Kesehatan anak usia sekolah sangat berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Untuk meningkatkan derajat kesehatan dan meningkatkan perilaku yang sehat pada anak usia sekolah maka perlu adanya UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Peran serta berbagai pihak sangat dibutuhkan salah satunya guru sebagai pelaksana UKS. Untuk itu, UKS akan berjalan dengan optimal jika guru mengetahui tugas sebagai tim pelaksana UKS.
Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan guru sebagai pelaksana UKS di sekolah dasar Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 36 guru penanggung jawab UKS. Pengambilan data menggunakan kuesioner berupa lembar kuesioner diisi oleh responden dan hasil analisis menggunakan univariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan guru tentang penyusunan rencana kegiatan UKS dalam kategori cukup (63,9%), tingkat pengetahuan guru tentang pelaksanaan trias UKS dalam kategori cukup (41,7%), tingkat pengetahuan guru tentang monitoring dalam kategori cukup (41,7%), tingkat pengetahuan guru tentang evaluasi kategori kurang (41,7%), tingkat pengetahuan guru tentang pelaporan kategori kurang (83,3%).
Kesimpulan : Gambaran tingkat pengetahuan guru sebagai pelaksana UKS menunjukan hasil cukup (44,4%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Guru, Tugas Pelaksana UKS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:04
Last Modified: 27 Feb 2024 08:04
URI: https:///id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item
View Item