Rintan Aditia, - and Harno, - (2018) TINJAUAN PELAPORAN BULANAN DATA KESAKITAN DI PUSKESMAS TEMPEL I KE DINAS KESEHATAN SLEMAN TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
JUDUL.pdf
Download (249kB)
ABSTRAK.pdf
Download (109kB)
BAB I.pdf
Download (192kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (353kB)
BAB III.pdf
Download (210kB)
BAB IV.pdf
Download (312kB)
BAB V.pdf
Download (105kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (102kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (929kB)
Abstract
Menurut Permenkes No.001 tahun 2012, Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah daerah, atau Masyarakat. Dalam suatu pelayanan kesehatan, setiap pelayanan harus terdokumentasikan dengan lengkap. Dokumen yang digunakan
pada setiap pelayanan tersebut adalah rekam medis. Permenkes No.55 tahun 2013, rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identifikasi pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah Mampu mengetahui sistem pelaksanaan pelaporan LB1 di Puskesmas Tempel I.
Metode Penelitian Penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Tata Usaha di Puskesmas Tempel I, Staf Rekam Medis dan Petugas SP2TP Puskesmas Tempel I. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer meliputi pengataman, wawancara dan data sekunder yang meliputi studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2018. Analisis data yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian dari tinjauan pelaporan bulanan data kesakitan adalah untuk mengetahui pengumpulan, pengolahan, penyajian dan pengiriman Laporan Bulanan Data Kesakitan (LB1) sebelumnya. Selama aplikasi SIMPUS berjalan dengan lancar tidak ada hambatan dalam bentuk sistem, sedangkan hambatan pelaksanaan Laporan Bulanan Data Kesakitan di Puskesmas Tempel I dalam bentuk sumber daya manusia biasanya hanya internal dari petugas yang merangkap pekerjaan lain. Diharapkan tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan holistik dalam upaya peningkatan pengelolaan data pelayanan sehingga dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat, terutama pada pembuatan LB1.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 14:47 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 14:47 |
URI: | https:///id/eprint/1894 |