Persepsi Mahasiswa Universitas Negeri Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta Terhadap Metode Pembelajaran PBL

Yugo Prabowo, - and Retno Sumiyarini, - (2020) Persepsi Mahasiswa Universitas Negeri Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta Terhadap Metode Pembelajaran PBL. Other thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of a) Judul.pdf] Text
a) Judul.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of b) Abstract_Intisari.pdf] Text
b) Abstract_Intisari.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of c) Bab I.pdf] Text
c) Bab I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of d) Bab II.pdf] Text
d) Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of e) Bab III.pdf] Text
e) Bab III.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of f) Bab IV.pdf] Text
f) Bab IV.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of g) Bab V.pdf] Text
g) Bab V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of h) Daftar Pustaka.pdf] Text
h) Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of i) Daftar Lampiran.pdf] Text
i) Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Problem-Based Learning merupakan cara belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Berbagai respon diberikan mahasiswa terhadap metode pembelajaran PBL. Studi pendahuluan pada 10 mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Achmad Yani Yogyakarta Semester 6 dan 8 didapatkan sebanyak 6 mahasiswa mengemukakan PBL membosankan karena harus menulis laporan tutorial dan 5 mahasiswa menyatakan merasa kurang memahami pembahasan materi/kasus dengan baik melalui metode pembelajaran PBL
Tujuan Penelitian : Diketahuinya persepsi mahasiswa Keperawatan Universitas Jendral Achmad Yani Fakultas Kesehatan Yogyakarta terhadap sistem pembelajaran PBL.
Metode Penelitian : Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 136 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis secara
univariate menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil Penelitian : Mahasiswa yang memiliki persepsi positif sebesar 53,7% lebih banyak dibandingkan persepsi negatif. Mahasiswa semester 6 dan 8 memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran PBL masing-masing sebesar 16,2% dan
37,5%
Kesimpulan : Mahasiswa Keperawatan Universitas Jendral Achmad Yani memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, PBL
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 07 Apr 2023 07:59
Last Modified: 31 Jan 2024 14:36
URI: https:///id/eprint/218

Actions (login required)

View Item
View Item