Dede Sumarni, - and Laili Rahmatul Ilmi, - (2017) Kepuasan Pasien BPJS di Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Penyediaan Berkas Rekam Medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
JUDUL.pdf
Download (482kB)
ABSTRAK.pdf
Download (19kB)
BAB I.pdf
Download (101kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (112kB)
BAB III.pdf
Download (227kB)
BAB IV.pdf
Download (276kB)
BAB V.pdf
Download (15kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (16kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang: Tempat pendaftaran rawat jalan merupakan tempat pertama kali pasien bertemu dengan petugas, maka petugas pendaftaran mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada pasien sehingga pasien merasa puas atas pelayanan yang telah diberikan, idealnya rata-rata waktu tunggu pelayanan rekam adalah 10 menit. Untuk mendapatkan tercapainya tertib administrasi rumah sakit wajib menyelenggarakan rekam medis, proses pendaftaran harus memenuhi kebutuhan pelayanan yang telah di tentukan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasien dan pasien puas atas layanan yang diberikan.
Tujuan: Bagaimana kepuasan pasien BPJS di pelayanan rawat jalan terhadap waktu tunggu penyediaan berkas rekam medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta.
Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan studi cross sectional. Alat yang digunakan yaitu kuesioner dan skala likert. Besar sampel adalah 381 pasien BPJS dan berkas rekam medis. Analis data menggunakan analisa univariat.
Hasil:Rata-rata waktu yang diperlukan petugas untuk menyediakan berkas rekam medis yaitu 133berkas rekam medis (35%) tepat dan 248berkas rekam medis (65%) tidak tepat. Tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan berdasarkan 5
dimensi yaitu dimensi Reability (Keandalan) menyatakan cukup puas 51,2%, dimensi Responsiveness (Cepat tanggap) menyatakan puas dan cukup puas 39,6%, dimensi Assurance (Jaminan) menyatakan cukup puas 53,8%, dimensi Emphaty (Kepeduliaan) menyatakan cukup puas 45,4%, dan dimensi Tangible (Bukti fisik) menyatakan cukup puas 58,3%.
Kesimpulan:Tingkat kepuasan pasien sebagian besar menyatakan cukup puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 14:20 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 14:20 |
URI: | https:///id/eprint/2202 |