Juliestya Leornell Agatha M., - and Kori Puspita Ningsih, - (2017) Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
JUDUL.pdf
Download (377kB)
ABSTRAK.pdf
Download (156kB)
BAB I.pdf
Download (218kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
BAB III.pdf
Download (259kB)
BAB IV.pdf
Download (461kB)
BAB V.pdf
Download (112kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (109kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: kepuasan pasien merupakan tanggapan pelanggan terhadap kesesuaian tingkat kepentingan atau harapan pelanggan sebelum mereka menerima jasa pelayanan dengan sesudah menerima pelayanan yang mereka terima.Setiap pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada pasien sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil survei kepuasan di RSUD Panembahan Senopati Bantul terdapat ketidakpuasan pasien mengenai kenyamanan di ruang tunggu.
Tujuan penelitian:mengetahui karakteristik responden kepuasan pasien di TPP Rawwat Jalan. Mengetahui tingkat persentase kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan lima dimensi kualitas jasa pelayanan dan mengetahui perbandingan
kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS di TPP Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Metodelogi Penelitian: Jenis penelitian ini merupakkan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pasien BPJS dan pasien Non BPJS dan sampel pada penelitian ini adalah bagian dari populasi pasien rawat jalan di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode pengumpulan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di bagian Instalasi Rekam Medis RSUD Pannembahan Senopati Bantul yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Bantul No. 55714. Kec Bantul, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hasil Penelitian: Tingkat kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi kualitas jassa yang berobat di TPP Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas pendaftaran, dibuktikan dengan tingkat kepuasan pada dimensi tangibles sebesar 46,9%, dimensi reliability sebesar 46,9%, dimensi responsiveness sebesar 34,6%, dimensi assurance sebesar 45,4%, dan emphaty sebesar 48,5% dan tingkat kepuasan pasien BPJS di TPP Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas pendaftaran, hal ini
dibuktikan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS sebesar 39,2%. Adapun pasien Non BPJS yang merasa puas sebanyak 13,8%.Berdasarkan hasil uji analisis secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan pada tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien Non BPJS, sig >0,05 sehingga Ho diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 14:28 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 14:28 |
URI: | https:///id/eprint/2204 |