Hubungan Kontrol Diri Dengan School Well-Being Pada Siswa SMPN 2 Turi Yogyakarta

Fajar Fitriyana, - and Rizqi Wahyu Hidayati, - (2023) Hubungan Kontrol Diri Dengan School Well-Being Pada Siswa SMPN 2 Turi Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Judul_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Abstrak_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Abstrak_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of Bab 1_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Bab 1_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Bab 2_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Bab 2_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab 3_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Bab 3_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of Bab 4_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Bab 4_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Bab 5_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Bab 5_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Daftar Pustaka_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Lampiran_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Lampiran_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Plagiarisme_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf] Text
Plagiarisme_192201024_Fajar Fitriyana_Keperawatan.pdf

Download (45kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja merupakan masa dimana perkembangan sosioemosional berkembangan dengan tinggi dan dapat menimbulkan masalah perilaku negatif seperti agresif, impulsif, gangguan perhatian atau penurunan konsentrasi. Perilaku negatif tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu kesejahteraan sekolah (school well-being) karena school well-being ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik serta tidak adanya masalah perilaku pada siswa. Perilaku negatif dapat dibatasi dengan kontrol diri yang baik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melihat hubungan antara kontrol diri dengan school well-being.
Tujuan : Mengetahui keeratan hubungan tingkat kontrol diri dengan school wellbeing pada siswa SMPN 2 Turi.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel berjumlah 107 responden yang dipilih dengan kriteria inklusi siswa yang tinggal seatap dengan orangtua (ayah dan ibu atau ayah/ibu) dan kriteria eksklusi siswa yang pernah tinggal kelas karena nilai dibawah KKM, mengkonsumsi NAPZA, memiliki diagnosa gangguan mental dan yang tidak hadir saat penelitian. Alat ukur yang digunakan adalah angket kuesioner kontrol diri dan school well-being. Analisa data yang dilakukan yaitu uji antara dua variabel menggunakan uji pearson.
Hasil : Uji pearson diperoleh nilai korelasi sebesar 0.707 dan signifikansi p=0.000 (p<0.05).
Kesimpulan : Ada hubungan kuat yang bermakna antara kontrol diri dengan school well-being. Dimana siswa dengan kontrol diri yang tinggi juga akan memiliki school well-being yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:15
Last Modified: 30 Apr 2024 07:31
URI: https:///id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item