Presti Surya Ningsih, - and Retno Sumiyarini, - (2023) Pengaruh Peer Mentoring Terhadap School Well Being Mahasiswa Keperawatan Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (642kB)
Abstrak_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (318kB)
Bab 1_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (455kB)
Bab 2_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (618kB)
Bab 3_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (681kB)
Bab 4_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (372kB)
Bab 5_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (170kB)
Daftar Pustaka_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (563kB)
Lampiran_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_192201050_Presti Surya Ningsih_Keperawatan.pdf
Download (42kB)
Abstract
Latar Belakang: School well being adalah perasaan dicintai di lingkungan sekolahnya yang meliputi aspek seperti having (kondisi sekolah), loving (hubungan sosial), being (pemenuhan diri) dan health (kondisi kesehatan). Apabila tidak terpenuhi salah satu aspek tersebut maka akan muncul school well being yang buruk pada mahasiswa yang berdampak pada kurangnya rasa aman yang diakibatkan adanya kekerasan yang sering terjadi di kampus. Pemenuhan well being sangat
penting dalam lingkungan kampus untuk menciptakan perasaan senang, sehat, dan berkembang dikelas sehingga memberikan kontribusi positif serta mengembangkan hubungan yang baik dengan teman.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh peer mentoring terhadap school well being mahasiswa Keperawatan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 40 responden yaitu mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan skor school well being sebelum dilakukan peer mentoring dengan nilai mean 83,43. Kemudian sesudah dilakukan peer mentoring dengan nilai mean 83,85. Data diperkuat dengan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai p=0,638.
Kesimpulan: Metode peer mentoring kurang efektif dalam meningkatkan school well being mahasiswa Keperawatan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:16 |
Last Modified: | 01 May 2024 14:32 |
URI: | https:///id/eprint/2268 |