HUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

M. Noviantara, - and Retno Sumiyarini, - (2020) HUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Dalam ranah keperawatan, pembelajaran klinik merupakan salah satu komponen yang paling penting. Pembelajaran ini memberikan kesempatan belajar yang unik bagi mahasiswa keperawatan dimana teori yang didapatkan di
kelas akan di uji secara lansung di kehidupan nyata. Tidak jarang lingkungan praktek klinik akan membuat mahasiswa menjadi stress. Stress sendiri merupakan bentuk respon tubuh yang bersifat non spesifik terhadap semua tuntutan beban
atasnya. Adapun stressor yang seringkali membuat mahasiswa stress dilingkungan praktek klinik adalah persepsi mereka mengenai lingkungan tersebut.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan universitas jenderal achmad yani Yogyakarta
Metode Penelitian: Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Noneksperimen dengan studi korelasional dan menggunakan pendekatan cros-sectional. Pengambilan sampel penelitian menggunakan tekhnik accidental sampling yaitu
sebanyak 89 responden. Instrument yang di pakai untuk mengambil sampel adalah kuesioner. Responden diminta untuk mengisi dua buah kuesioner yaitu kuesioner PHEEM dan DASS 42. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Somers’d.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian analisis univariat menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa memiliki tingat persepsi yang baik terhadap lingkungan belajarnya yaitu
sebanyak (70,8%). Sedangkan untuk tingkat stress nya mahasiswa mayoritas memiliki tingkat stress yang normal terhadap lingkungan belajarnya yaitu sebanyak (79,8%). Hasil bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan tingkat stress dengan hasil p-value = 0,320 dengan nilai r= 0,085 hal ini dikarenakan jika seseorang memiliki tingkat persepsi yang baik maka tingkat stresnya juga baik.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan tingkat stress mahasiswa keperawatan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN BELAJAR, TINGKAT STRES
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 07 Apr 2023 08:11
Last Modified: 01 Feb 2024 08:02
URI: https:///id/eprint/228

Actions (login required)

View Item
View Item