Priski Aprilia, - and Ferianto, - (2023) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Perawatan Gigi Dengan Benar Pada Anak Sekolah. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (394kB)
Abstrak_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (21kB)
Bab1_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (91kB)
Bab 2_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab 3_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (206kB)
Bab 4_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (148kB)
Bab 5_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (19kB)
Daftar Pustaka_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (85kB)
Lampiran_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Plagiarisme_192201051_Priski Aprilia_Keperawatan.pdf
Download (44kB)
Abstract
Latar belakang : Kesehatan merupakan hal yang penting, terutama pada anak. Faktor penyebab gangguan gigi serta mulut anak salah satunya tidak menyikat gigi dengan teratur, hal ini dikarenakan anak-anak malas untuk menggosok giginya. Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan membersihkannya. Proses pendidikan kesehatan dalam menyampaikan materi tentang perawatan gigi dibutuhkan media dan metode yang efektif.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan praktik perawatan gigi pada anak sekolah.
Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memakai desain penelitian pra-eksperimental desain one grup pre-test post-test design.
Hasil : Pengetahuan perawatan gigi pada penelitian ini menggunakan Uji Marginal Homogeneity, sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi masuk dalam kategori kurang sebanyak 50 responden (90.9%) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan masuk dalam kategori cukup 28 responden (50.9%) dan 27 responden (49.1%) masuk kategori baik. Sikap perawatan gigi pada penelitian ini menggunakan Uji Mc Nemar, sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi masuk dalam kategori negative sebanyak 44 reponden (80.0%) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan masuk dalam kategori positif sebanyak 55 responden (100.0%). Praktik perawatan gigi pada penelitian ini menggunakan Uji Marginal Homogeneity, sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan video animasi masuk dalam kategori kurang terampil sebanyak 52 responden (94.5%) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan 50 responden (90.9%) masuk dalam kategori cukup terampil.
Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan perawatan gigi. Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video animasi terhadap sikap perawatan
gigi. Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video animasi terhadap praktik perawatan gigi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:44 |
Last Modified: | 01 May 2024 14:35 |
URI: | https:///id/eprint/2296 |