Rina Puspitasari, - and Anastasia Suci Sukmawati, - (2023) Pengaruh Edukasi Dengan Video Animasi Bullying Terhadap Pengetahuan Bullying Pada Remaja Di SMP 11 Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (894kB)
Abstrak_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (21kB)
BAB 1_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (148kB)
BAB 2_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
BAB 3_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (403kB)
BAB 4_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (415kB)
BAB 5_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (15kB)
Daftar Pustaka_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Download (137kB)
Lampiran_192201056_Rina Puspitasari_PSIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Cek Plagiarisme_192201056_Rina Puspitasari_Keperawatan.pdf
Download (25kB)
Abstract
Latar belakang : World Health Organitation (WHO) (2020) menyatakan bahwa 37% remaja perempuan dan 42% remaja laki-laki merupakan korban bullying. Sementara 70,65 % insiden insiden perundungan di Yogyakarta terjadi di SMP dan SMA. Media pembelajaran seperti video animasi dapat dipergunakan untuk menaikkan keterampilan berpikir dan pengetahuan. Selain itu media animasi juga dirasa merupakan media yang menarik sehingga materi yang disampaikan lebih mudah untuk dimengerti.
Tujuan penelitian : Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh video animasi bullying terhadap pengetahuan bullying pada siswa SMP 11 Yogyakarta.
Metode : Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pra-eksperimental design menggunakan rancangan on group pre-test post-test dengan menggunakan wilcoxon sebagai analisis statistik.
Hasil : Hasil penelitian menyampaikan bahwa pengetahuan remaja di SMP 11 yogyakarta sebelum diberikan intervensi video animasi tentang bullying pengetahuannya 100,0% mempunyai tingkat pengetahuan yang masih kurang. Pengetahuan remaja tentang bullying setelah diberikan intervensi video animasi tentang bullying menunjukkan bahwa sebanyak 97,0% memiliki tingkat pengetahuan yang baik terkait pengetahuan bullying pada remaja.
Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan tentang bullying yang ditunjukkan dengan hasil p value 0,000 (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:51 |
Last Modified: | 01 May 2024 15:01 |
URI: | https:///id/eprint/2302 |