Ninda Salisa Qodrun Nada, - and Praptana, - (2023) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Queen Latifa. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (659kB)
Abstrak_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (204kB)
Bab 1_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (328kB)
Bab 2_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Bab 3_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (349kB)
Bab 4_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (362kB)
Bab 5_20120081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (201kB)
Daftar Pustaka_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (316kB)
Lampiran_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_201204081_Ninda Salisa Qodrun Nada_RMIK.pdf
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang: Kepuasan pasien adalah indeks sangat penting yang harus diawasi dalam proses berlangsungnya layanan kesehatan. Kepuasan pasien mampu dilihat dari kualitas pelayanan petugas yang kemudian mendapat tanggapan baik atau buruk dari pasien maupun keluarga pasien. Kepuasan pasien dapat terlaksana jika terdapat hasil yang maksimal untuk pasien dan pelayanan kesehatan (Christy, 2020).
Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan pasien dari pelayanan yang diberikan oleh petugas rekam medis dan mengetahui karakteristik responden di Rumah Sakit Umum Queen Latifa.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1405 pasien
dan sampel 93 pasien. Alat dan pengumpulan data yang digunakan berupa angket atau kuesioner. Terdapat 3 metode pengolahan data yaitu, penyuntingan (editing), memberikan kode (coding), dan memberikan skor (scoring). Serta analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis univariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien rawat jalan yaitu dengan kategori sangat puas sebesar (20,4%), kategori puas (51,6%), dan kategori cukup puas (23,6%). Pada tingkat kepuasan pasien berdasarkan umur sebesar (26,9%), jenis kelamin sebesar (65,6%), pendidikan sebesar (64,5%), pekerjaan sebesar (34,4%). Pada penelitian ini juga terdapat tingkat kepuasan pasien berdasarkan 5 aspek dimensi mutu pelayanan yaitu yang pertama berdasarkan dimensi tangibels sebesar (50,6%), kedua dimensi emphaty sebesar (56,9%), ketiga reliability sebesar (48,3%), keempat responsiveness sebesar (46,3%), dan yang
kelima assurance sebesar (53,8%).
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan petugas rekam medis di Rumah Sakit Umum Queen Latifa menunjukan sangat puas (20,4%), puas (51,6%), dan cukup puas (23,6%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:14 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:14 |
URI: | https:///id/eprint/2408 |