Rizki Arif Nurianto, - and Ratna Prahesti, - (2023) Hubungan Kualitas Pelayanan Dibagian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
JUDUL_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (395kB)
ABSTRAK_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (35kB)
BAB I_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (106kB)
BAB II_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
BAB III_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (142kB)
BAB IV_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (162kB)
BAB V_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (32kB)
DAFTAR PUSTAKA_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (152kB)
LAMPIRAN_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
PLAGIARISME_201204096_RIZKI ARIF NURIANTO_RMIK B.pdf
Download (4MB)
Abstract
Latar Belakang: Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan, bertujuan untuk meuwujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat karena kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pasien. Dari studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh adanya ketidakpuasan pada pelayanan di bagian pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta.
Tujuan: Menganalisis hubungan kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan Kuntitatif deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yakni rata-rata kunjungan pasien rawat jalan Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta perhari pada bulan maret 2023 sebanyak 150 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan sebanyak 60 orang. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner, ditampilkan dalam table dan dianalisis menggunakan uji ChiSquare.
Hasil: Hasil penelitian terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan nilai sig 0,026 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan memiliki keeratan hubungan yang cukup.
Kesimpulan: Dari hasil uji statistik chi-square ada hubungan antara kualitas peayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Rumah Sakit sebagai penyedia layanan kesehatan sebaiknya lebih memprioritaskan kualitas pelayanan, karena kualitas pelayanan di bagian pendaftaran mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pasien dengan cara penambahan sumber daya manusia, memperhatikan waktu tunggu dan upaya pemasaran jasa rumah sakit keberbagai wilayah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:03 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:03 |
URI: | https:///id/eprint/2420 |