Vita Mulia, - and Kori Puspita Ningsih, - (2023) Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Pending Klaim Berkas Rawat Inap Pasien BPJS Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (258kB)
Abstrak_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (43kB)
BAB I_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (135kB)
BAB II_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
BAB III_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (80kB)
BAB IV_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (334kB)
BAB V_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (32kB)
Daftar Pustaka_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (131kB)
Lampiran_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Plagiarisme_201204111_Vita Mulia_RMIK.pdf
Download (4MB)
Abstract
Latar Belakang : Pending klaim merupakan masalah yang ditemukan setiap bulan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Berdasarkan data klaim BPJS rawat inap Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul di bulan Juli-Desember 2022 ada 2.364 berkas
klaim rawat inap yang diajukan dan terdapat 69 berkas yang mengalami pending klaim.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor penyebab pending klaim rawat inap dengan menggunakan diagram fishbone.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, checklist studi dokumentasi, dan checklist observasi
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan penyebab pending klaim dari aspek pelayanan medis (44,93%), kemudian diurutan kedua pada aspek administrasi (28,99%), dan yang paling rendah adalah aspek coding (26,09%). Penyebab pending
klaim ditinjau dari 3 aspek yaitu administrasi, pelayanan medis,dan coding Prioritas masalah terletak pada aspek pelayanan medis karena masih ada dokter yang tidak mengisi resume medis, dan pengkajian awal rawat inap, Clinical Pathway yang masih berproses dan belum dijalankan 100% dipelayanan , dan diagnosis yang diajukan tidak sesuai kriteria BPJS.
Kesimpulan : Hasil pending tertinggi ada pada aspek pelayanan medis (44,93%), karena masih ada beberapa dokter yang belum melengkapi resume medis, dan diagnosis yang diajukan sering kali tidak sesuai kriteria BPJS sehingga diagnosis tidak disetujui oleh BPJS, dan clinical pathway yang masih berproses dan belum dijalankan 100% di pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 08 May 2024 08:35 |
Last Modified: | 08 May 2024 08:35 |
URI: | https:///id/eprint/2434 |