Yuni Safitri, - and Zakharias Kurnia Purbobinuko, - (2023) Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN Pendaftaran Online Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Gamping II. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_201204113_Yuni Safitri_RMIK.pdf
Download (617kB)
ABSTRAK_201204113_Yuni Safitri_RMIK .pdf
Download (187kB)
BAB 1 _201204113_Yuni Safitri_RMIK.pdf
Download (306kB)
BAB 2_201204113_Yuni Safitri_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
BAB 3_201204113_Yuni Safitri_RMIK.pdf
Download (312kB)
BAB 4_201204113_Yuni Safitri_RMIK.pdf
Download (787kB)
BAB 5_201204113_Yuni Safitri_RMIK .pdf
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA_201204113_Yuni Safitri_RMIK .pdf
Download (302kB)
LAMPIRAN__201204113_Yuni Safitri_RMIK .pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Cek Plagiarisme_201204113_Yuni Safitri_RMIK.pdf
Download (4MB)
Abstract
Latar Belakang : Aplikasi mobile JKN merupakan aplikasi yang dirancang oleh BPJS kesehatan untuk memberikan akses yang mudah dan nyaman bagi peserta jaminan kesehatan nasional- Kartu Indonesia Sehat (KIS). Aplikasi ini berisi informasi lengkap tentang program JKN-KIS sehingga dapat digunakan untuk pendaftaran peserta, merubah data peserta, dan verifikasi iuran.
Tujuan : Mengetahui pemanfaatan dan penyebab masalah pada pendafataran online aplikasi mobile JKN menggunakan diagram fishbone.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian : Penyebab paling tinggi terdapat pada aspek sarana dan prasarana, dimana fitur-fitur di dalam aplikasi mobile JKN kurang lengkap, smartphone yang tidak kompatibel, serta tidak ada sosialisasi terkait aplikasi
mobile JKN. kemudian pada aspek sumber daya manusia dimana pasien kurang paham tentang apa itu aplikasi mobile JKN karena pasien banyak yang berusia lanjut, dan kurang disiplinnya petugas sehingga tidak mengedukasi penggunaan aplikasi mobile JKN. Pada aspek sistem yaitu aplikasi sering eror, sulit untuk update status keanggotaan BPJS, serta kesulita login karena lupa kata sandi.
Kesimpulan : Penyebab masalah utama pada pendaftaran online aplikasi mobile JKN yaitu fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi mobile JKN kurang lengkap sehingga menyebabkan pelayanan menjadi kurang efektif dikarenakan kurangnya evaluasi pihak BPJS kesehatan pada sistem aplikasi mobile JKN yang menyebabkan petugas jarang mengedukasi pasien untuk melakukan pendaftaran online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 08 May 2024 08:40 |
Last Modified: | 08 May 2024 08:40 |
URI: | https:///id/eprint/2436 |