Adrianus Rape Zoriki Leyn, - and Arum Margi Kusumawardani, - (2023) Gambaran Tingkat Kepuasan Pendonor Darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Purworejo Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (299kB)
Abstrak_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (50kB)
Bab 1_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (128kB)
Bab 2_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Bab 3_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (186kB)
Bab 4_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (144kB)
Bab 5_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (44kB)
Daftar Pustaka_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (168kB)
Lampiran_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Plagiarisme_191206032_Adrianus Rape Zoriki Leyn_TBD.pdf
Download (148kB)
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan dengan harapannya. Jika pelayanan yang di persepsikan sesuai yang diharapkan, maka kualitas pelayanan akan dipresepsikan baik dan memuaskan. Oleh sebab itu maka kualitas pelayanan bergantung pada kemampuan penyedia layanan untuk memenuhi harapan pelanggan. Pengukuran tingkat kepuasan kepada pendonor belum pernah dilaksanakan di UDD PMI Kabupaten Purworejo, sehingga perlu untuk dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran kepuasan pendonor darah terhadap pelayanan donor darah di UDD PMI Kabupaten Purworejo Tahun 2022.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan objek yang diteliti melalui data primer dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 90 pendonor darah.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dari total 90 pendonor terdapat 46 (51%) menyatakan sangat puas dan terdapat 44 (49%) menyatakan puas terhadap pelayanan donor. Tidak terdapat responden yang menyatakan kurang puas dan tidak puas dalam penelitian ini. Berdasarkan karakteristik usia sebagian besar pada rentang usia 26-45 tahun sejumlah 42 (47%). Diketahui tingkat kepuasan dengan persentase tertinggi yaitu 22 (24%) responden usia dewasa menyatakan puas terhadap pelayanan donor darah di UTD PMI Purworejo pada tahun 2022. Berdasarkan jenis kelamin, sebagian besar berjenis kelamin laki-laki yaitu sejumlah 66 (73%) responden. Diketahui sebagian besar responden laki-laki sejumlah 36 (40%) menyatakan sangat puas terhadap pelayanan donor darah di UTD PMI Purworejo Tahun 2022.
Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini yaitu persentase kepuasan pendonor diketahui 51% sangat puas dan 49% puas terhadap pelayanan donor di UDD PMI Kabupaten Purworejo. Berdasarkan usia remaja menyatakan 12% sangat puas dan 17% puas, berdasarkan usia dewasa menyatakan 22% sangat puas dan 24% puas, sedangkan pada usia lansia menyatakan 17% sangat puas dan 8% puas. Berdasarkan jenis kelamin, pada pendonor laki-laki menyatakan 40% sangat puas dan 33% puas, sedangkan pada pendonor perempuan 11% sangat puas dan 16% puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RB Blood Bank Technology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:51 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:51 |
URI: | https:///id/eprint/2443 |