Efektivitas Edukasi Donor Darah Melalui Media Video Pada Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Raya Yogyakarta

Srinopiyanti Labeddu, - and Nurpuji Mumpuni, - (2023) Efektivitas Edukasi Donor Darah Melalui Media Video Pada Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Raya Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
JUDUL_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of ABSTRAK_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
ABSTRAK_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of BAB I_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
BAB I_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB II_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
BAB II_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB III_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
BAB III_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB IV_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
BAB IV_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB V_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
BAB V_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
LAMPIRAN_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of HASIL PLAGIARISME_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf] Text
HASIL PLAGIARISME_201206032_SRINOPIYANTI LABEDDU_TBD.pdf

Download (24kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Keterbatasan jumlah pendonor dapat disebabkan karena kurangnya informasi tentang donor darah. Pengetahuan menjadi salah satu aspek untuk mengetahui perilaku manusia. Untuk meningkatkan pengetahuan pada mahasiswa membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat mendeskripsikan konsep fisik secara nyata seperti edukasi video.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas edukasi pengetahuan donor darah melalui media video pada Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow (KPMIBM) Raya Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode Quasi-Eksperimen yang dilakukan dengan pretest-posttest. Sampel berjumlah 56 responden dan sampel diambil menggunakan teknik Random Sampling.
Hasil Penelitian: Karakteristik responden dilihat berdasarkan jenis kelamin, usia dan tingkat pendidikan. Secara umum, Tingkat pengetahuan mendapatkan pretest (sebelum paparan video edukasi) berpengetahuan paling banyak kategori cukup 26 orang (46,4%) dan terjadi peningkatan pengetahuan posttest (sesudah paparan video edukasi) berpengetahuan paling banyak kategori baik 45 orang (80,4%). Edukasi pengetahuan donor darah melalui video mendapatkan hasil efektif. efektifitas edukasi video berdasarkan karakteristik jenis kelamin mendapatkan hasil yang sangat kecil yaitu laki-laki (selisih rata-rata pretest dan posttest 24,85) dan perempuan (selisih rata-rata pretest dan posttest 24,24) bisa dikatakan bahwa edukasi video tidak dipengaruhi jenis kelamin. Berdasarkan karakteristik usia yang paling efektif 21-25 tahun (selisih rata-rata pretest dan posttest 23,97) bisa dikatakan dipengaruhi oleh usia. Berdasarkan karakteristik tingkat pendidikan paling efektif SMA/SMK (selisih rata-rata pretest dan posttest 35) bisa dikatakan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan.
Kesimpulan: Efektivitas edukasi donor darah melalui video berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan donor darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RB Blood Bank Technology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 14 May 2024 05:38
Last Modified: 14 May 2024 05:38
URI: https:///id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item
View Item