Ruvita Wastian Septianti, - and Marchaban, - (2023) Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian Non-Resep di Apotek Surya Trowono Gunungkidul Tahun 2023. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (289kB)
Abstrak_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (35kB)
BAB 1_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (76kB)
BAB 2_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
BAB 3_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (198kB)
BAB 4_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (93kB)
BAB 5_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (31kB)
Daftar Pustaka_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (145kB)
Lampiran_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Plagiarisme_182205011_Ruvita Wastian Septianti_Farmasi.pdf
Download (3MB)
Abstract
Latar Belakang : Apotek adalah suatu tempat atau sarana yang dapat digunakan untuk praktik kefarmasian oleh seorang apoteker. Pelayanan kefarmasian adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi terkait masalah pengobatan
dan kesehatan, mencegah serta menyelesaikan permasalahan tersebut. Pelayanan kefarmasian di apotek dapat dibedakan menjadi dua yaitu pelayanan non resep dan resep. Pelayanan kefarmasian ini mempunyai peran yang sangat penting karena
akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Kepuasan pasien yaitu sebuah perasaan yang muncul akibat dari kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh petugas. Salah satu model yang banyak dipakai untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah model SERVQUAL (Service Quality) dengan cara membuat survei penilaian kepuasan pelanggan bedasarkan lima dimensi kualitas layanan, yakni responsiveness, reliability, assurance, empathy, dan tangible.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam menerima pelayanan kefarmasian di Apotek Surya Trowono Gunungkidul.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Untuk pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dalam jumlah sampel sebanyak 100 responden yang bersedia untuk mengisi keusioner.
Hasil Penelitian : Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan, persentase tingkat kepuasan konsumen terhadap indikator kehandalan (reliability) sebesar 85,60% dengan kategori sangat puas; ketanggapan (responsiveness) sebesar
84,80% dengan kategori sangat puas, jaminan (assurance) sebesar 90,60% dengan kategori sangat puas, empati (emphaty) sebesar 84,73% dengan kategori sangat puas, penampilan (tangible) sebesar 78,95% dengan kategori puas.
Kesimpulan : Terdapat tingkat kepuasan konsumen pada dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan penampilan di Apotek Surya Trowono Gunungkidul.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:01 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:01 |
URI: | https:///id/eprint/2496 |