PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA VIDEO TERHADAP TEKNIK CUCI TANGAN DI SD NEGERI TUBIN LENDAH KULON PROGO

ERNA ARIANTI, - and Ngatoiatu Rohmani, - (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA VIDEO TERHADAP TEKNIK CUCI TANGAN DI SD NEGERI TUBIN LENDAH KULON PROGO. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of Skripsi Full] Text (Skripsi Full)
ERNA ARIANTI_2214052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Latar Belakang : Mencuci tangan adalah tindakan sederhana yang berfungsi untuk menghilangkan atau mengurangi mikroorganisme yang menempel ditangan. Salah satu upaya peningkatan kesehatan pada anak sekolah dasar yaitu dengan
pemberian pendidikan kesehatan. Penggunaan media yang tepat diharapkan dapat meningkatkan perilaku mencuci tangan 6 langkah dengan benar.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode demonstrasi dan media video terhadap teknik cuci tangan pada anak di SDN Tubin, Lendah, Kulon Progo
Metode: jenis penelitian adalah kuantitatif, dengan rancangan posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Total sampel 36 subjek terdiri dua kelompok, 18 responden kelompok demonstrasi dan 18 responden kelompok video. metode adalah ceklis cuci tangan.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan cuci tangan pada kelompok demonstrasi 5,67 lebih tinggi dari pada kelompok dengan media video sebanyak 4,39. Berdasarkan analisis uji Mann Whitney didapatkan hasil p value 0,002 (p<0,05).
Kesimpulan : Ada pengaruh yang lebih besar menggunakan metode demonstrasi dibandingkan media video terhadap teknik cuci tangan pada anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cuci tangan, Demonstrasi, Pendidikan kesehatan, Usia sekolah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:08
Last Modified: 15 Mar 2024 03:49
URI: https:///id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item