Imelda Rysmawaty, - and Grita Supriyanto Dewi, - (2023) Analisis Strategi Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada Gerai Bakpia Pathok 25 Di Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (800kB)
Abstrak_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (11kB)
BAB I_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (29kB)
BAB II_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
BAB III_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (180kB)
BAB IV_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (425kB)
BAB V_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (10kB)
Daftar Pustaka_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (155kB)
Lampiran_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Plagiarisme_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (31kB)
Abstract
Latar Belakang: Pertumbuhan sektor pariwisata di Yogyakarta berdampak pada sektor ekonomi, sosial, budaya maupun kuliner. Sektor kuliner saat ini sedang menjadi tren wisata baru yang ditandai dengan adanya pertumbuhan pada elemen restoran dan rumah makan. Makanan khas juga turut berperan dalam perkembangan wisata kuliner yang terjadi. Bakpia sebagai salah satu makanan khas Yogyakarta sebagai oleh-oleh
juga berperan dalam perkembangan sektor kuliner. Bakpia Pathok 25 merupakan bakpia yang terkenal di Yogyakarta dan memiliki banyak kompetitor seiring dengan berjalannya waktu. Pelaku usaha harus memiliki cara untuk mempertahankan pelanggan salah satunya dengan membentuk loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kualitas layanan, harga, suasana toko, dan kualitas
makanan merupakan faktor yang diteliti terhadap loyalitas pelanggan pada gerai bakpia pathok 25 yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan, harga, suasana toko, dan kualitas makanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Stuctural Equation Modeling (SEM)-PLS dengan beberapa tahapan yaitu uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis (uji t). Penelitian diawali dengan observasi dan studi literatur untuk mengidentifikasi dan memperoleh rumusan masalah kemudian dilanjutkan pada tahap pegumpulan data. Kuesioner digunakan dalam pengumpulan data dengan memilih sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dibantu dengan aplikasi SmartPLS 4 dengan total respoden sebanyak 330.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan tanpa dimediasi oleh kepuasan pelanggan yaitu kualitas layanan. Harga merupakan faktor yang tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan namun berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Kesimpulan: Hasil penelitian dapat digunakan oleh pelaku usaha bakpia pathok 25 sebagai pertimbangan dalam membentuk loyalitas pelanggan dengan memperhatikan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Industrial Engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 05:17 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 05:17 |
URI: | https:///id/eprint/2908 |