Violita Indar Pramuthia, - and Maria Gratiana Dian Jatiningsih, - (2023) Analisis Strategi Kompetitif Produk Gula Pasir Dengan Metode SWOT Dan AHP Pada PG Madukismo Di PT Madu Baru. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (800kB)
Abstrak_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (11kB)
BAB I_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (29kB)
BAB II_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
BAB III_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (180kB)
BAB IV_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (425kB)
BAB V_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (10kB)
Daftar Pustaka_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (155kB)
Lampiran_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Plagiarisme_192105003_IMELDA RYSMAWATY_TEKNIK INDUSTRI.pdf
Download (31kB)
Abstract
Latar Belakang: PT Madu Baru di Yogyakarta saat ini menghadapi masalah penjualan yang belum maksimal karena belum memiliki strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode SWOT dan AHP, serta mengidentifikasi faktor yang paling dominan dalam penurunan penjualan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT dan Teknik Pengambilan Keputusan AHP.
Tujuan: Menentukan strategi dari faktor yang menjelaskan penurunan penjualan produk gula PT. Madu Baru dan menjelaskan faktor-faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi penurunan penjualan pada produk gula.
Metode Penelitian: penelitian ini menerapkan metode SWOT dan AHP
Hasil: Hasil perhitungan matrik IFAS dan EFAS didapatkan bahwa, yang mempengaruhi penurunan penjualan PT Madu Baru adalah faktor kelemahan dalam variasi pilihan produk sedikit berada pada rating 3 dan untuk faktor ancaman dalam hal banyaknya pesaing diindustri gula dengan rating 4. Dalam hal prioritas strategi nilai paling tinggi adalah mengembangkan kualitas produk untuk meningkatkan volume penjualan dengan bobot 0,5009.
Kesimpulan: Prioritas rancangan stategi untuk PT Madu Baru terdapat tiga keputusan yaitu mengembangkan kualitas produk untuk meningkatkan kualitas, memberikan harga terjangkau untuk meningkatkan bisnis, dan melakukan kegiatan sponsorship untuk meningkatkan nilai brand produk perusahaan memiliki banyak peluang strategis untuk pengembangan usaha.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Industrial Engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 05:30 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 05:30 |
URI: | https:///id/eprint/2909 |