Reskiyanti, - and Cici Finansia, - (2023) Perumusan Strategi Kompetensi Pada Bajika Wedding Planner Makassar Dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (1MB)
Abstrak_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (105kB)
Bab 1_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (107kB)
Bab 2_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Bab 3_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (153kB)
Bab 4_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (231kB)
Bab 5_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (80kB)
Daftar Pustaka_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Download (107kB)
Lampiran_192105010_Reskiyanti_Teknik Industri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_192105010_Reskiyanti_Teknik Indusri.pdf
Download (33kB)
Abstract
Latar Belakang: Bajika Wedding Planner merupakan tim yang menyediakan jasa layanan khusus untuk acara pernikahan yang membantu calon pengantin mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan acara pernikahan. Berdasarkan wawancara, permasalahan yang dihadapi oleh Bajika Wedding Planner yaitu belum mencapai target pelanggan, kurangnya pemasaran ataupun
iklan, promosi masih mengandalkan Instagram, tidak adanya halaman website yang menampilkan biaya dan jasa layanan. Minat masyarakat yang kurang ingin bekerja pada jasa layanan wedding organizer sehingga tim Bajika Wedding Planner kurang
dan belum bekerja sama dengan banyak vendor sehingga ada beberapa keinginan pelanggan yang tidak dapat terpenuhi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan analisis mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Hal tersebut digunakan untuk menentukan strategi Bajika Wedding Planner agar dapat bersaing dengan kompetitor.
Tujuan: Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal strategi kompetitif yang ada pada Bajika Wedding Planner, menentukan strategi kompetitif yang tepat dan menentukan prioritas strategi yang tepat.
Metode Penelitian: Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
Hasil: Strategi yang diperlukan Bajika Wedding Planner saat ini adalah grow oriented strategy (pertumbuhan yang agresif), terdapat 5 (lima) strategi yang dapat diterapkan yaitu menyediakan jasa layanan wedding yang menyesuaikan budget costumer, menambah personil pada bagian pemasaran, memberikan bonus layanan pendukung kepada customer, mengadakan program customer get customer, dan personil dalam tim memanfaatkan digitalisasi untuk berinovasi.
Kesimpulan: Prioritas strategi yang tepat untuk diterapkan Bajika Wedding Planner yaitu menambah personil pada bagian pemasaran untuk membuat portofolio, membuat iklan, membuat website untuk menampilkan layanan jasa, dan aktif membuat konten yang menarik di sosial media.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Industrial Engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 07:56 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:56 |
URI: | https:///id/eprint/2911 |