Agnes Silvina Pratiwi, - and Choerun Asnawi, - (2023) Analisis Sentimen Terhadap Layanan Jasa Transportasi Umum Di Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Media Sosial Twitter Dengan Metode Naïve Bayes. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (466kB)
Abstrak_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (14kB)
Bab I_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (20kB)
Bab II_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab III_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (329kB)
Bab IV_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (508kB)
Bab V_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (9kB)
Daftar Pustaka_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (129kB)
Lampiran_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Cek Plagiarisme_192102001_Agnes Silvina Pratiwi_Informatika.pdf
Download (21kB)
Abstract
Latar Belakang: Bus Trans Jogja. Trans Jogja meruakan Bus Rapid Transit (BRT) yang telah terintegrasi dan telah beroperasi sejak tahun 2008. Seiring dengan perkembangan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2021 mulai beroperasi dua jasa transportasi umum KRL Jogja-Solo dan disusul dengan Kereta Bandara YIA. Namun, masih banyak keluhan dan masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat terkait layanan jasa transportasi umum di Yogyakarta, seperti kenyamanan, keakuratan waktu, lokasi yang tidak terlewati dan sebagainya. Untuk itu menjadi sangat penting untuk mengetahui pendapat dari pengguna transportasi tersebut.
Tujuan: Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat Yogyakarta terhadap transportasi umum yang beroperasi di Yogyakarta. Analisis Sentimen ini dapat digunakan sebagai kesimpulan dalam megukur suatu kepuasan.
Metode Penelitian: Penelitian ini diawali dengan analisis permasalahan yang ada, Selanjutnya dilakukan pengumpulan data masyarakat di media sosial Twitter untuk nantinya digunakan untuk dilakukan analisis sentimen. Analisis sentimen dilakukan dengan menggunakan metode Naïve bayes.
Hasil: Hasil pengujian pada data yang ada menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes berhasil digunakan untuk menghitung analisis sentiment terhadap transportasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mendapatkan akurasi sebesar 71.48% dengan data polaritas positif 45%, polaritas netral 30%, dan polaritas negatif sebesar 16%.
Kesimpulan: Sentimen Analisis terhadap layanan transportasi di Yogyakarta menggunakan metode Naïve Bayes ini telah berhasil dibangun dan mendapat tingkat akurasi yang sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science (Informatics) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:26 |
URI: | https:///id/eprint/2927 |