Pengelompokan Pengguna Blibli Berdasarkan Brand Ambassador NCT 127 Menggunakan Metode K-Means Clustering

Retno Mareta, - and Andika Bayu Saputra, - (2023) Pengelompokan Pengguna Blibli Berdasarkan Brand Ambassador NCT 127 Menggunakan Metode K-Means Clustering. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Judul_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of Abstrak_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Abstrak_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of Bab 1_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Bab 1_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Bab 2_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Bab 2_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab 3_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Bab 3_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Bab 4_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Bab 4_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Bab 5_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Bab 5_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Daftar Pustaka_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Lampiran_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Lampiran_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[thumbnail of Plagiarisme_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf] Text
Plagiarisme_192102024_Retno Mareta_Informatika.pdf

Download (26kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Blibli merupakan salah satu e-commerce lokal yang menjadikan NCT 127 yang merupakan idol group yang berasal dari Korea Selatan sebagai brand ambassador pada 5 Juli 2022 dan menargetkan target pasarnya pada fans K-Pop yang didominasi oleh perempuan untuk mempertahankan eksistensinya. Namun Blibli belum memfokuskan penawaran produk sesuai kebutuhan target pasarnya padahal penentuan target pasar dan pengelompokan pengguna e-commerce sangat
berpengaruh terhadap eksistensi suatu e-commerce.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan menerapkan algoritma k-means dalam pengelompokan pengguna, mengetahui ketepatan target pasar berdasarkan brand ambassador NCT 127 serta didapatkan output berupa sistem berbasis web dalam pengaplikasiannya.
Metode Penelitian: Pengelompokan pengguna Blibli di Indonesia pada penelitian ini menggunakan data kuesioner sebanyak 105 data yang diambil pada periode 26 Maret - 01 April. Penelitian ini memiliki beberapa tahapan meliputi pengambilan data, preprocessing data, clustering k-means, dan memvisualisasikan grafik menggunakan bahasa pemograman Python dan framework Django.
Hasil: Hasil pengujian pada data yang ada menunjukkan bahwa metode k-means berhasil digunakan untuk mengelompokkan pengguna Blibli menjadi 3 cluster. Diantaranya cluster 1 beranggotakan 40 data, 45 data untuk cluster 2, dan 20 data
cluster 3 dimana cluster potensial Blibli berada pada cluster 2. Sistem dashboard telah berhasil untuk mengelompokkan data dan memvisualisasikan grafik.
Kesimpulan: Sistem dashboard pengelompokan pengguna Blibli berbasis website menggunakan metode k-means clustering telah berhasil dibangun dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science (Informatics)
Divisions: Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:02
Last Modified: 20 Jun 2024 05:02
URI: https:///id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item
View Item