Kajian Hubungan Karakteristik dengan Tingkat Pengetahuan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) Antibiotik pada Siswa Farmasi SMK YPKK 1 Sleman

Via Gusti Anggeraini, - and Sugiyono, - (2024) Kajian Hubungan Karakteristik dengan Tingkat Pengetahuan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) Antibiotik pada Siswa Farmasi SMK YPKK 1 Sleman. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
Judul_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Abstrak_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
Abstrak_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB I_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
BAB I_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB II_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
BAB II_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB III_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
BAB III_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB IV_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
BAB IV_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of BAB V_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
BAB V_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
Daftar Pustaka_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf] Text
Lampiran_192205088_Via Gusti Anggeraini_Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Plagiarisme_192205088_Via Gusti Anggeraini_farmasi.pdf] Text
Plagiarisme_192205088_Via Gusti Anggeraini_farmasi.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Antibiotik dapat menghentikan pertumbuhan dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Antibiotik yang digunakan tanpa aturan dapat menyebabkan resistensi sehingga perlu pengelolaan yang baik mencakup cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuangnya, sering disingkat dengan istilah DAGUSIBU. Siswa farmasi yang nantinya akan melakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di apotek dan rumah sakit pastinya membutuhkan pengetahuan terkait DAGUSIBU antibiotik untuk mengedukasi masyarakat.
Tujuan Penelitian: Mengkaji hubungan karakteristik (usia, jenis kelamin, dan tingkat pembelajaran) dengan tingkat pengetahuan DAGUSIBU antibiotik pada siswa farmasi SMK YPKK 1 Sleman.
Metode Penelitian: Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk hardfile. Jumlah responden pada penelitian ini diambil dengan total sampling yaitu 41 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat untuk mendeskripsikan karakteristik dan tingkat pengetahuan serta analisis bivariat menggunakan uji Chi-square untuk mengetahui hubungan antara karakteristik siswa farmasi dengan tingkat pengetahuan.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik siswa farmasi SMK YPKK 1 Sleman mayoritas berusia >17 tahun (63,4%), berjenis kelamin perempuan (73,2%), dan tingkat pembelajaran yang paling rendah yaitu
kelas X (34,1%). Pengetahuan siswa tentang DAGUSIBU antibiotik diantaranya baik (29,2%) dan kurang (70,8%). Hasil uji Chi-square didapatkan p-value pada karakteristik usia 0.000, jenis kelamin 0.524, dan tingkat pembelajaran 0.001.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara karakteristik usia dan tingkat pembelajaran dengan tingkat pengetahuan DAGUSIBU antibiotik, sedangkan pada karakteristik jenis kelamin dengan tingkat pengetahuan tidak terdapat hubungan DAGUSIBU antibiotik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:13
Last Modified: 04 Jun 2025 07:13
URI: https:///id/eprint/3265

Actions (login required)

View Item
View Item